HOME, Keluarga

5 Cara Mudah Merawat Bibir Kering yang Patut Moms Biasakan

5 Cara Mudah Merawat Bibir Kering yang Patut Moms Biasakan

MOMSMONEY.ID - Penampilan bibir menjadi salah satu kunci kesempurnaan makeup. Seolah makeup yang dihasilkan akan tampak tidak maksimal jika bibir kurang menarik. Dan, salah satu hal yang menyebabkan penampilan bibir kurang menarik ialah kekeringan.

Ketika bibir Moms kering, tentu produk lipstick yang Moms gunakan tidak akan terlihat mulus dan menyatu sebagaimana mestinya.

Nah, untuk mengatasi bibir yang kering, ada 5 cara mudah yang harus Moms biasakan mulai dari sekarang. Tanpa tunggu lama, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Kulit Stres, Cukup di Rumah Saja!

1. Minum air dengan cukup setiap hari

Minum Air

Untuk menjaga bibir tetap terhidrasi dengan baik, pastikan Moms minum air putih secara cukup setiap harinya. Dengan cukup minum air putih, maka tingkat hidrasi pada bibir Moms akan tetap terkendali.

Alih-alih menjilati bibir untuk melembabkannya tatkala kering, alangkah baiknya Moms membiasakan diri untuk menenggak air secara berkala dan selalu menyediakan botol minum ketika beraktivitas apapun.

2. Menjaga kebersihan bibir

Selain minum air dengan cukup, kebersihan bibir pun tidak boleh luput dari perhatian. Pastikan Moms tidak lupa untuk membersihkan sisa produk atau kotoran yang menempel pada bibir usai beraktivitas atau ketika hendak tidur.

Moms dapat menggunakan produk micellar water yang memiliki formula ramah untuk bibir. Micellar water dengan kandungan aloe vera bisa Moms pilih untuk membersihkan sekaligus menjaga bibir tetap lembab. Tuangkan micellar water secukupnya ke kapas dan sapukan produk secara lembut pada bibir hingga noda atau kotoran pada bibir terangkat sempurna.

3. Rajin eksfoliasi setiap minggu

Eksfoliasi Bibir

Selain wajah, bibir juga perlu untuk dieksfoliasi. Eksfoliasi bibir merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan kulit bibir yang kering atau terkelupas serta sangat berguna untuk menghilangkan pigmentasi bibir yang tidak merata. Eksfoliasi bibir dapat Moms lakukan setidaknya 2-3 kali setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Di pasaran, banyak produk lip scrub yang bisa Moms jajal. Namun, Moms juga dapat membuatnya sendiri dengan mencampurkan 1 sdm petroleum jelly dan 1 sdm gula pasir. Campuran ini bermanfaat untuk memerangkap kelembaban pada bibir sekaligus mencegah bibir mengalami kerusakan akibat sinar matahari dan racun lingkungan.

4. Gunakan lip balm yang mengandung SPF

Bukan hanya eksfoliasi yang sebaiknya tidak dilewatkan, melainkan juga penggunaan lip balm. Setelah eksfoliasi, sangat disarankan bagi Moms untuk segera mengaplikasikan lip balm. Pasalnya, proses eksfoliasi bibir memiliki sifat yang sedikit abrasif sehingga butuh untuk dilembabkan kembali.

Dari berbagai pilihan lip balm yang ada, lip balm dengan kandungan SPF sangat worth it untuk Moms pilih. Selain melembabkan, lip balm ber-SPF juga akan memberikan perlindungan terhadap bibir dari efek buruk cahaya matahari. Moms bisa memilih lip balm yang mengandung SPF setidaknya SPF 15 untuk menjaga kesehatan bibir dan mencegahnya dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Lip Balm Mengandung SPF untuk Melindungi Bibir dari Sinar UV

5. Pilih lipstick berbentuk cream

Saat ini, lipstick dengan hasil akhir matte cukup banyak digandrungi oleh berbagai kalangan khususnya para pecinta lipstick. Terlepas dari popularitasnya, lipstick matte sebenarnya memiliki sisi negatif yang bisa merugikan bibir. Umumnya, lipstick matte selalu berhasil membuat bibir menjadi kering dan hilang kelembabannya.

Jadi, dibandingkan bibir terkelupas dan pecah-pecah akibat kekeringan, sebaiknya Moms memilih lipstick berbentuk cream yang memiliki hasil akhir sedikit basah.

Jangan lupa untuk  memilih lipstick cream yang mengandung bahan-bahan melembabkan serta melembutkan seperti Vitamin E dan Shea Butter. Pastikan lipstick cream yang Moms pilih juga memiliki pigmentasi yang intens sehingga warna bibir tidak merata dapat teratasi dengan baik tanpa membutuhkan effort yang berlebihan.

Selanjutnya: Tampilan Makeup Kurang Halus? Yuk, Simak Tips Hindari Hasil Makeup Cakey

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News