5 Cara Mudah Mencegah Kerutan Wajah di Usia 20 Tahun, Supaya Awet Muda di Masa Tua

Reporter: Ana Risma
Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:18 WIB
5 Cara Mudah Mencegah Kerutan Wajah di Usia 20 Tahun, Supaya Awet Muda di Masa Tua

ILUSTRASI. 5 Cara Mudah Mencegah Kerutan Wajah di Usia 20 Tahun

MOMSMONEY.ID - Kerutan wajah adalah bagian alami dari proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih tipis, lebih kering, dan kehilangan elastin. Pasalnya, kemampuan kulit untuk melindungi dirinya sendiri akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Namun, tanda-tanda penuaan pada wajah tidak akan terlihat begitu buruk atau jelas jika Anda peduli dan mau merawatnya sedari muda.

Nah, agar Anda senantiasa awet muda di masa tua, ada 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerutan wajah mulai dari usia 20-an. Apa sajakah itu? Tanpa basa-basi, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mengatasi Kuku Kuning Akibat Kuteks Secara Alami

1. Minum banyak air

Air adalah zat yang mampu memberikan nutrisi untuk tubuh kita sekaligus dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Meskipun penting, namun masih banyak orang yang meremehkan betapa dahsyatnya manfaat air.

Bagi kulit, air sangat berguna sebagai agen anti-aging. Air mampu menjadikan kulit tetap lembut serta halus. Tanpa air yang cukup, kulit akan mudah mengering dan kehilangan elastisitasnya sehingga rentan terhadap kerutan dan penuaan.

Bagi Anda yang sudah memasuki usia 20-an, pastikan untuk rutin minum air putih setiap hari. Tidak hanya menyehatkan dan mampu memerangi kerutan, rajin minum air putih dengan cukup juga akan membantu Anda untuk menghindari kebiasaan minum minuman manis yang dapat merugikan kulit.

2. Gunakan sunscreen setiap hari

Selain menyehatkan, sinar matahari juga menyimpan efek negatif yang dapat membahayakan kulit. Tidak hanya kanker kulit, kulit yang terus terpapar sinar matahari tanpa diberikan perlindungan juga rentan terhadap penuaan dini.

Oleh sebab itu, penting bagi siapa pun termasuk Anda yang masih berusia 20-an untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum memulai aktivitas terutama di siang hari. Gunakanlah sunscreen setiap hari bahkan ketika cuaca sedang tidak cerah. Supaya perlindungan yang diberikan efektif, jangan lupa juga untuk re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali.

3. Mulailah untuk memakai eye cream

Area mata adalah area pertama yang mudah menua akibat kebiasaan tersenyum, menyipitkan mata, atau menggosok mata. Maka dari itu, menjaganya tetap terhidrasi dan ternutrisi sangatlah penting untuk mencegah kemunculan garis-garis halus dan kerutan dini.

Di awal usia 20-an, sangat disarankan bagi Anda untuk mulai menggunakan eye cream. Pada usia ini, Anda dapat memilih sunscreen dengan konsistensi krim / gel yang ringan. Nah, memasuki usia akhir 20-an, mulailah untuk menggunakan eye cream yang memiliki formula lebih aktif dan melembabkan.

4. Coba perawatan di klinik

Meskipun rutinitas skincare tetap dapat dilakukan dengan baik dan efektif di rumah, namun kulit Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda ketika Anda melakukan perawatan tambahan dengan bantuan profesional. Anda dapat mengunjungi klinik kecantikan dan mencoba perawatan yang dapat membantu merangsang kolagen dan elastin.

Jika Anda belum pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan sama sekali, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di klinik pilihan Anda untuk menentukan perawatan mana yang cocok untuk kulit Anda.

5. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Antioksidan berguna untuk meminimalkan kerusakan sel dan melawan penuaan dari dalam maupun luar. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu menghidupkan kembali vitalitas, semangat, dan tampilan kulit yang sehat secara keseluruhan. Oleh karena itu, makanan kaya antioksidan menjadi pendekatan yang brilian untuk mengurangi kerutan.

Untuk mendapatkan manfaat antioksidan, rajin-rajinlah mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan seperti alpukat dan beri, salmon, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Supaya lezat, kreasikan makanan kaya antioksidan tersebut menjadi hidangan yang Anda sukai misalnya roti panggang dengan topping alpukat yang sudah dihaluskan.

Nah, itulah 5 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya kerutan wajah di usia 20-an. Daripada terlambat dan wajah Anda menua dengan cepat, jangan lupa untuk dipraktikkan ya. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Hindari 5 Kebiasaan Ini bila Tak Ingin Mata Anda Terlihat Tua

 

Editor: Ana Risma
Terbaru