Bugar

5 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Folikel Tidak Sehat

5 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Folikel Tidak Sehat

MOMSMONEY.ID - Bisa dicoba, inilah cara merawat rambut rusak akibat folikel yang tidak sehat. Ciri-ciri folikel rambut tidak sehat seperti rambut rontok, rambut sangat kering dan mengalami iritasi serta ketombe.

Jika Anda mengalami masalah rambut ini, maka Anda perlu melakukan perawatan rambut yang lebih maksimal. Rambut yang terlihat rusak tentunya sangat membuat Anda tidak nyaman.

Oleh karena itu, lakukan perawatan rambut yang tepat agar kesehatan dan kilau rambut indah bisa kembali.

Melansir dari dove.com, berikut lima cara merawat rambut rusak akibat folikel rambut tidak sehat, yaitu: 

1. Gunakan shampo dan kondisioner khusus 

Pertama, gunakan sampo dan kondisioner khusus untuk merawat rambut rusak. Cara keramas rambut yang kurang tepat bisa menyebabkan folikel rambut rusak.

Agar mengalami kejadian ini, pastikan Anda mencuci rambut dengan tepat seperti lakukan keramas 2-3 kali seminggu saja. Selanjutnya, pilihlah produk sampo dan kondisioner yang dapat membantu memperbaiki kerusakan di dalam rambut.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Lulur Alami untuk Kulit Cerah dan Lembab, Bahan Utamanya Beras

2. Gunakan hair tonic dan hair serum

Cara merawat rambut rusak akibat folikel tidak sehat selanjutnya adalah gunakan hair tonic hingga hair serum. Pilihlah jenis hair tonic dan hair serum yang sesuai dengan kebutuhan jenis rambut Anda.

Gunakan hair tonic langsung di kulit kepala setelah keramas dan mengeringkan rambut. Saat mengaplikasikannya, Anda bisa gunakan jari untuk menyisir rambut dan juga pijat kulit kepala Anda dengan lembut.

3. Atur pola makan yang sehat dan bernutrisi

Selanjutnya, atur pola makan yang sehat dan bernutrisi untuk merawat rambut rusak. Makanan yang Anda konsumsi berperan penting untuk kesehatan folikel rambut.

Mulailah dengan mengonsumsi asupan gizi seimbang, makan lebih banyak sumber biotin dan niacin, seperti jamur, alpukat, pisang, salmon, telur, raspberries, dan kacang-kacangan.

Serta, hindari makanan berminyak dan makanan yang digoreng karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan folikel rambut Anda.

Baca Juga: Moms, Ini Sederet Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

4. Pilih gaya rambut yang sederhana

Memilih gaya rambut yang sederhana juga merupakan cara merawat rambut rusak akibat folikel yang tidak sehat.

Selain keramas, over styling rambut juga menyebabkan folikel rambut rusak, misalnya menggunakan bahan kimia untuk mewarnai atau meluruskan rambut.

Kebiasaan menguncir rambut dengan kencang juga akan membuat akar rambut tertekan dan merusak folikel rambut.

Hindari juga penggunaan catokan, curling irons, atau hair dryer untuk sementara. Sehingga, Anda harus kembali memilih gaya rambut yang paling sederhana dan alami. 

5. Lakukan pijat kulit kepala secara rutin

Cara merawat rambut rusak lainnya adalah lakukan pijat kulit kepala secara rutin. Memijat kepala secara teratur juga sangat menguntungkan untuk folikel rambut rusak.

Memijat kepala akan membuat Anda santai dan mengurangi stres. Selain itu, kebiasaan memijat kepala juga dapat mengelupas kulit kepala yang menumpuk. Kondisi ini biasanya yang menyebabkan peradangan, infeksi, dan gatal-gatal.

Itulah beberapa cara merawat rambut rusak akibat folikel yang tidak sehat. Yuk, rawat kesehatan rambut Anda sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News