5 Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan, Sudah Tahu?

Reporter: Rizka Noveliana
Kamis, 24 November 2022 | 16:04 WIB
5 Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan, Sudah Tahu?

ILUSTRASI. 5 Cara Merawat Payudara Selama Kehamilan, Sudah Tahu?


MOMSMONEY.ID - Saat hamil terjadi perubahan pada payudara, inilah cara merawat payudara selama kehamilan.

Payudara pada ibu hamil akan makin membesar karena untuk mempersiapkan produksi ASI. Seiring berubahnya bentuk payudara, Anda bisa merawat kondisi payudara. 

Melansir dari johnsonsbaby.co.id, berikut lima cara merawat payudara selama kehamilan: 

1. Gunakan bra yang tepat

Cara merawat payudara selama kehamilan pertama adalah gunakan bra yang tepat. Seiring usia kehamilan yang makin membesar, Anda mungkin juga akan lebih sering merubah ukuran bra.

Agar selalu terasa nyaman, pakailah bra yang berbahan katun dan memiliki bantalan busa empuk. Pastikan juga penutup atau cup bra pas menutupi seluruh bagian payudara Anda. Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat dan disangga kawat.

Pertimbangkan pula untuk memakai bra yang bertali lebar dan punya banyak kaitan di belakangnya. Bra model seperti ini dapat menyangga punggung dengan lebih nyaman selama Anda beraktivitas.

2. Bersihkan puting pelan-pelan

Cara merawat payudara selama kehamilan selanjutnya adalah bersihkan puting secara perlahan. Perawatan lain yang bisa dilakukan selama masa-masa hamil adalah rutin membersihkan payudara.

Hindari membersihkan bagian puting dengan menarik atau menggosok puting terlalu keras. Hal tersebut dapat menyebabkan puting luka dan lecet, serta mungkin juga memicu kontraksi rahim jika dilakukan berlebihan.

Baca Juga: 5 Penyebab Wajah Berminyak yang Bikin Ganggu, Apa Saja?

3. Pakai pelembap

Berikutnya, Anda harus memakai pelembab. Apabila puting dan kulit sekitar payudara mulai terasa kering, oleskan pelembab untuk membantu melembapkannya kembali. 

Anda juga dapat menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa untuk melembapkan area payudara.

4. Periksa payudara setiap hari

Kemudian, Anda harus periksa payudara setiap hari. Memeriksa payudara setiap hari juga masuk dalam daftar perawatan dasar yang wajib dilakukan selama hamil.

Sehingga, Anda bisa tahu ketika sewaktu-waktu terdapat perubahan yang tidak biasa pada payudara. Jika Anda mencurigai gejala yang tidak biasa pada payudara, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter.

5. Lakukan pijat payudara

Cara merawat payudara selama kehamilan lainnya adalah lakukan pijat payudara. Puting yang tidak dirawat dengan baik rentan mengering hingga akhirnya mengelupas.

Oleh karena itu, perawatan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kelembapan kulit di sekitar payudara. Anda bisa oleskan baby oil sambil memijat lembut puting sebelum mandi.

Pijatan lembut di bagian payudara dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu mencegah kulit payudara mengendur selama kehamilan.

Selanjutnya: B20 Mendukung Peningkatan Mobilisasi Dana Swasta untuk Proyek Infrastruktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER