Bugar

5 Cara Merawat Kulit Wajah yang Benar, Kulit Kenyal dan Awet Muda!

5 Cara Merawat Kulit Wajah yang Benar, Kulit Kenyal dan Awet Muda!

MOMSMONEY.ID - Semua wanita ingin memiliki kulit kenyal, lembab dan awet muda. Anda bisa menerapkan beberapa cara merawat kulit wajah di sini. 

Kulit wajah yang kenyal menandakan kondisi elastisitas kulit yang baik. Elastisitas yang baik akan membuat kulit tampak lebih muda, kenyal, sehat dan terhindar dari masalah penuaan dini.

Selain sehat, memiliki kulit wajah bersih, awet muda dan kenyal, Anda bisa tampil lebih menawan dan lebih percaya diri.

Untuk itu, simak cara merawat kulit wajah yang benar di bawah ini dilansir dari thebodyshop.co.id

1. Rutin Mencuci Wajah

Cara pertama merawat kulit wajah adalah rutin mencuci wajah. Agar wajah tetap bersih, Anda wajib mencuci wajah dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Untuk mendapatkan hasil kulit bersih maksimal, sebaiknya Anda melakukan teknik double cleansing saat membersihkan wajah. Hal ini jika kotoran, debu dan sisa make up tidak terangkat menyeluruh, dapat menyumbat pori-pori kulit wajah, sehingga memicu munculnya komedo dan jerawat.

Baca Juga: Pahami 4 Efek Buruk Dehidrasi pada Tubuh yang Harus Anda Tahu

2. Gunakan Pelembap

Selanjutnya, gunakan pelembap agar kulit kenyal dan awet muda. Pelembap dapat menjaga kelembapan sekaligus melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk lingkungan, sehingga kondisi kulit tetap kencang, sehat, dan terawat.

Hal ini karena pelembap bekerja mengikat kelembapan pada lapisan terluar kulit dan menarik uap air dari lapisan kulit yang lebih dalam ke lapisan kulit luar. 

Waktu terbaik untuk menggunakan pelembap wajah ialah setelah mandi. Hal ini karena saat setelah mandi pori-pori kulit terbuka maksimal sehingga terserap ke dalam kulit maksimal dan dapat mengikat cairan dengan baik.

Selain itu, perlu Anda ingat untuk selalu mengaplikasikan pelembap setelah mencuci wajah agar skin barrier tidak rusak. Untuk mendapatkan kulit kenyal dan awet muda, pilih pelembap yang juga mengandung anti-aging.

3. Pakai Tabir Surya

Cara merawat kulit wajah yang benar berikutnya adalah pakai tabir surya. Penggunaan tabir surya bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang mampu menyebabkan perubahan warna kulit hingga kanker kulit, serta memicu munculnya bintik atau flek pada wajah dan keriput.

Saat menggunakan tabir surya, kamu disarankan memilih yang khusus untuk wajah dengan minimal SPF 30 dan gunakan setiap hari, meski cuaca sedang tidak panas sekalipun.

Penggunaan tabir surya perlu diulang setiap dua jam sekali atau lebih sering ketika kamu sedang beraktivitas di bawah terik matahari.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Wanita? Ini Penjelasan Lengkapnya

4. Rutin Eksfoliasi

Jangan lupa lakukan eksfoliasi kulit wajah juga. Hal ini karena sel-sel kulit mati tidak digantikan oleh yang baru dengan cepat. Kondisi ini membuat kulit terlihat kusam dan tidak rata, bahkan seringkali disertai kerutan.

Eksfoliasi bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit mati sehingga sel kulit yang baru bisa tumbuh dengan baik.

Anda harus memilih produk eksfoliator yang tepat, karena jika salah memilih bukan dapat mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit, justru akan membuat kulit menjadi iritasi.

5. Gunakan Masker Wajah 

Cara merawat wajah yang terakhir dengan menggunakan masker. Penggunaan masker wajah sebenarnya tak perlu sering-sering dan cukup sekali seminggu saja.

Untuk mendapatkan wajah awet muda Anda bisa menggunakan masker wajah berbahan dasar ekstrak bunga edelweiss yang dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan menyamarkan garis halus pada wajah.

Tidak sulit, kan? Itulah cara merawat kulit wajah yang benar. Gunakan produk skincare yang sesuai jenis kulit Anda dan lakukan pola hidup sehat juga, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News