HOME, Bugar

5 Cara Meningkatkan Hormon Melatonin Agar Terhindar dari Insomnia

5 Cara Meningkatkan Hormon Melatonin Agar Terhindar dari Insomnia

MOMSMONEY.ID - Melatonin adalah hormon alami tubuh yang berperan penting dalam mengatur pola tidur. Dengan adanya hormon ini, Anda dapat mengetahui kapan waktu untuk tidur dan terjaga, dilansir dari Sleep Education.

Tidur merupakan kebutuhan bagi tubuh Anda, sama seperti halnya Anda makan. Saat tidur, Anda memberikan waktu bagi tubuh untuk mempersiapkan diri menjalankan aktivitas untuk hari berikutnya. 

Agar kualitas tidur Anda baik, kadar melatonin dalam tubuh haruslah normal. Jika mengalami insomnia (susah tidur), bisa jadi kadar hormon melatonin Anda tidak mencukupi dari jumlah seharusnya.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Berikut, Jika Ingin Ginjal Tetap Sehat

Jangan khawatir, Anda bisa meningkatkan produksi hormon melatonin ini dengan beberapa cara alami berikut ini.

1. Konsumsi makanan yang mengandung hormon melatonin

Studi pada Food & nutrition research yang berbasis hewan mamalia menunjukkan bahwa mengonsumsi susu di malam hari bisa meningkatkan kadar melatonin.

Selain susu, penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin B6 baik itu sendiri atau dikombinasikan dengan zinc, folat, dan magnesium bisa meningkatkan plasma melatonin.

Nah, dengan mengonsumsi makanan kaya B6 dan nutrisi lainnya dari sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Lakukan meditasi

Cara lain untuk meningkatkan kadar hormon melatonin adalah dengan meditasi. Manfaat ini bisa Anda dapatkan bila melakukan medotasi selama 20-30 menit sebelum tidur.

Naiknya kadar hormon tidur ketika meditasi ini kemungkinan akibat berkurangnya paparan cahaya sekitar saat seseorang menutup mata. Ciptakan suasana tidur yang nyaman, yang jauh dari kebisingan dan cahaya ruangan yang redup.

3. Minum obat tidur

Anda bisa mempertimbangkan obat yang mengandung hormon melatonin. Namun, perlu Anda ingat bahwa penggunaan obat tetap harus dengan pengawasan dokter.

Dokter biasanya akan meresepkan obat ini jika Anda memiliki gangguan tidur, dan efeknya sangat mengganggu aktivitas harian. Mungkin juga ketika Anda mengalami jetlag dan minum sesekali ketika Anda butuhkan.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Perut Ini Mudah untuk Anda Lakukan

Selain melakukan cara tersebut, akan lebih baik lagi jika Anda menghindari segala hal yang bisa menggangguu produksi melatonin. Hindari bermain ponsel , menonton TV, atau mencari informasi lewat komputer Anda menjelang tidur.

Ciptakan suasana tidur yang nyaman, yang jauh dari kebisingan dan cahaya ruangan yang redup.

Selanjutnya: Ketahui Efek Samping Mengonsumsi Teh Chamomile Secara Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News