Bugar

5 Cara Mengurangi Minyak di Wajah Secara Alami, Gunakan Putih Telur atau Madu

5 Cara Mengurangi Minyak di Wajah Secara Alami, Gunakan Putih Telur atau Madu

MOMSMONEY.ID - Minyak berlebih di wajah bikin ganggu. Nah, ada beberapa cara mengurangi minyak di wajah secara alami.

Minyak berlebih membuat tampilan jadi kusam, licin seperti minyak saat disentuh dan mengkilap. Masalah ini sering dialami oleh pemilik kulit berminyak.

Anda masih bisa merawat kulit berminyak menjadi sehat dan cerah. Jika tertarik mencoba di rumah, berikut lima cara mengurangi minyak di wajah secara alami dilansir dari cleanandclear.co.id

1. Lidah buaya

Pertama, cara mengurangi minyak di wajah secara alami adalah lidah buaya. Lidah buaya ternyata mengandung anti peradangan, antibakteri, dan juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Anda hanya perlu mengoleskan cairan lidah buaya di kulit wajah sebelum tidur, lalu besok paginya tinggal Anda bilas dengan menggunakan air hangat. Tapi sebelumnya pastikan dulu bahwa kulit Anda tidak sensitif terhadap lidah buaya dan tidak alergi. 

Anda bisa melakukan tes kecil dengan mengaplikasikan sedikit cairan lidah buaya ke belakang telinga Anda. Kalau dalam waktu 24-48 jam tidak ada reaksi kulit memerah atau radang, tandanya Anda tidak alergi terhadap lidah buaya.

2. Putih telur dan lemon

Cara mengurangi minyak di wajah selanjutnya adalah putih telur dan lemon. Kombinasi kedua bahan ini berguna untuk mengencangkan pori-pori wajah dan asam yang terkandung dalam lemon atau jeruk-jeruk yang lain dapat menyerap minyak yang berlebih.

Lemon juga dikenal sebagai antibakteri yang dapat mengurangi bakteri di kulit wajah penyebab jerawat

Caranya, Anda harus mencampurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh air perasan lemon. Aduk, lalu aplikasikan ke wajah dan tinggalkan sampai masker kering. Lalu bersihkan dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. 

Baca Juga: Alasan Telur Rebus Efektif Menjaga Gula Darah Penderita Diabetes, Konsumsi Rutin!

3. Oatmeal

Anda bisa menggunakan oatmeal untuk mengurangi minyak di wajah secara alami. Selain dapat mengurangi peradangan pada kulit, ternyata oatmeal juga dapat menyerap minyak berlebih yang ada di wajah. Anda bisa menjadikan oatmeal ini sebagai masker.

Caranya dengan mencampurkan oatmeal yang sudah dihaluskan dengan yogurt, madu, atau bisa juga dengan berbagai macam buah seperti pisang, apel, atau pepaya yang sudah dihaluskan.

Selanjutnya, oleskan masker tersebut ke wajah, lalu diamkan selama 3 menit. Setelah itu tinggal Anda bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda. 

4. Madu

Cara menghilangkan minyak di wajah berikutnya dengan madu. Madu dikenal dengan kandungan antibakteri dan antiseptik nya yang dapat mengurangi minyak dan mengatasi peradangan jerawat di kulit.

Selain itu, madu juga dapat membuat kulit Anda tetap lembab tanpa membuatnya berminyak. Anda bisa langsung menggunakan madu ini sebagai masker. Aplikasikan tipis-tipis saja, tapi merata, lalu diamkan selama 10 menit.

Setelah itu tinggal Anda bilas dengan air hangat. Lakukan ini maksimal 2 kali seminggu, dijamin kulit Anda bebas dari minyak berlebih.

5. Tomat

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami lainnya dengan tomat. Hal ini karena tomat mengandung salycid acid yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat.

Asam yang dikandung oleh buah tomat juga dapat menyerap minyak berlebih dan dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Anda bisa menggunakan tomat ini sebagai masker exfoliating.

Campur satu sendok teh gula dengan 1 buah tomat yang sudah dihancurkan. Aplikasikan masker ke kulit dengan gerakan memutar, lalu biarkan selama 5 menit.

Setelah kering, bilas dengan air hangat dan keringkan wajah. Anda juga bisa mengaplikasikan tomat segar yang sudah dipotong langsung ke wajah Anda sebagai masker.

Itulah lima cara mengurangi minyak di wajah secara alami, Anda bisa mencoba di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News