Bugar

5 Cara Mengurangi Kulit Wajah yang Sering Berminyak

5 Cara Mengurangi Kulit Wajah yang Sering Berminyak

MOMSMONEY.ID - Masalah kulit yang dialami pemilik kulit berminyak adalah produksi sebum atau kelenjar minyak yang berlebih. Hal ini tentu membuat penampilan wajah menjadi kusam dan bisa muncul masalah kulit lainnya.

Produksi minyak yang berlebih dapat memicu pertumbuhan komedo dan jerawat di wajah. Oleh karena itu, Anda perlu merawat kondisi kulit wajah berminyak dengan tepat.

Agar tidak keliru, berikut cara mengurangi kulit wajah yang sering berminyak dilansir dari herworld.co.id

1. Rutin membersihkan wajah

Cara pertama mengurangi kulit wajah sering berminyak adalah rutin membersihkan wajah.  Mencuci muka berfungsi untuk mengurangi minyak pada wajah yang terlalu berlebihan.

Cuci muka harus dilakukan dua kali sehari, sehabis berolahraga, berkegiatan, atau saat  merasa produksi minyak dimuka berlebihan.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, hindari sabun muka dengan bahan pewangi atau bahan kimia berbahaya yang malah dapat menyebabkan iritasi serta menghasilkan minyak yang lebih banyak, serta gunakanlah air hangat.

Meskipun baik untuk mengurangi minyak, hindari mencuci muka secara berlebihan dan terlalu sering juga ya. 

2. Memilih bahan skincare yang tepat

Cara mengurangi kulit wajah sering berminyak selanjutnya adalah memilih bahan skincare yang tepat. Skincare memegang peran penting terhadap kondisi wajah, sehingga pemilihan skincare yang tepat sangat dibutuhkan.

Bagi pemilik kulit berminyak, hindari menggunakan skincare dengan bahan oil based dan alkohol pada semua produk karena dapat menyumbat pori-pori dan malah menimbulkan permasalahan kulit lain seperti jerawat dan komedo.

Baca Juga: Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

3. Gunakan pelembab

Berikutnya, gunakan pelembab wajah untuk kulit berminyak. Anda harus tahu bahwa kulit berminyak masih tetap membutuhkan pelembab atau moisturizer. Sebab minyak muka tidak berfungsi untuk menghidrasi kulit. Minyak pada muka bekerja untuk membantu menjaga fungsi penghalang kulit.

Pada lain hal pelembab berfungsi untuk menghidrasi kulit, yaitu proses masuknya air ke lapisan dalam kulit. Artinya memiliki minyak yang berlebih tidak menjamin kulit wajah sudah terhidrasi.

Jangan lupa untuk menggunakan bahan dasar pada pelembab yang aman untuk kulit beminyak seperti hyaluroni acid, water based, niacinamide, dan lain-lain.

4. Hindari sering menyentuh wajah

Kini, mulai hindari menyentuh wajah sesering mungkin. Menyentuh wajah dapat memberikan kotoran dan bakteri kepada wajah, kebiasaan ini juga dapat memperburuk keadaan minyak pada kulit.

Dengan terlalu sering menyentuh muka, Anda dapat memindahkan minyak dari satu bagian kebagian wajah lainnya.

Hal ini juga dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Waktu terbaik untuk memegang muka ialah saat sedang mencuci muka, dan mengaplikasikan skincare, tapi jangan lupa untuk terlebih dahulu mencuci tangan. 

5. Rutin pakai masker wajah

Cara mengurangi kulit sering berminyak lainnya adalah rutin memakai masker wajah. Jenis masker wajah yang cocok untuk kulit berminyak adalah clay mask. Hal ini karena clay mask dapat membantu mengeringkan minyak berlebih pada muka.

Masker dengan bahan dasar salicylic acid, charcoal, tea tree oil dan avocado oil juga memiliki fungsi untuk meminimalisir produksi minyak berlebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News