Bugar

5 Cara Menguatkan Kuku Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami

5 Cara Menguatkan Kuku Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Bisa rapuh dan patah, inilah beberapa cara menguatkan kuku tangan dan kaki dengan bahan alami.

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang juga perlu dirawat agar tetap sehat dan cantik. Penyebab kuku rapuh biasanya karena kurangnya kelembapan dan munculnya bakteri. 

Tidak perlu merawat kuku dari salon kecantikan, Anda bisa merawat kuku sendiri di rumah. Berikut cara menguatkan kuku dengan bahan alami dilansir dari herworld.co.id

1. Minyak kelapa

Cara menguatkan kuku tangan dan kaki dapat menggunakan minyak kelapa. Sudah dikenal sejak lama minyak kelapa memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. 

Minyak kelapa bermanfaat untuk melembapkan, menutrisi, sekaligus melindungi kuku dari bakteri maupun jamur sehingga otomatis menjaga kekuatan kuku.

Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa yang sudah dihangatkan ke kuku dan area di sekitarnya secara rutin setiap hari. Dalam beberapa minggu, Anda akan mendapatkan kondisi kuku yang lebih sehat dan kuat

2. Madu

Cara menguatkan kuku selanjutnya adalah menggunakan madu. Bahan alami ini bisa memberi perlindungan pada kuku dan kutikel dari bakteri maupun jamur sehingga bisa tetap terjaga kekuatan serta kesehatannya.

Cukup menambahkan dua sendok teh madu dan beberapa tetes air lemon untuk membuat maskernya. Setelah tercampur rata, pijatkan masker ke kuku tangan maupun kaki, lalu diamkan selama 15-20 menit setelah dipijat. Lalu, bilas kuku hingga benar-benar bersih.

Baca Juga: Waspadai! Inilah 4 Penyebab Nyeri pada Tulang Dada, Bisa Jadi Karena Otot Tegang

3. Minyak Zaitun

Berikutnya, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menguatkan kuku tangan dan kaki. Secara alami, minyak zaitun dengan mudah terserap dan mencapai layer terdalam kuku-kuku, menenangkan sekaligus menjaga kelembapannya. Ditambah, minyak zaitun bisa melancarkan peredaran darah sehingga mendorong pertumbuhan kuku.

Untuk merasakan manfaatnya dengan maksimal, Anda bisa memanaskan minyak zaitun dan perlahan memijatkan nya ke kuku maupun kutikel selama kurang lebih lima menit.

Setelah dipijat, bungkus tangan Anda dengan sarung tangan dan biarkan satu malam sebelum akhirnya dibilas hingga bersih.

4. Sari jeruk

Sari dari buah jeruk juga bisa menguatkan kuku tangan dan kaki. Hal ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Sari buah jeruk membantu peningkatan produksi kolagen yang berdampak pula pada pertumbuhan kuku yang kuat dan sehat. Kemudian, kandungan antioksidannya bisa melindungi kuku dari infeksi bakteri.

Anda cukup memeras beberapa buah jeruk dan rendam semua kuku Anda selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan gunakan hand cream untuk menjaga kelembapannya.

5. Kuning telur dan susu

Cara menguatkan kuku dengan bahan alami lainnya adalah kuning telur dan susu. Kedua bahan alami tersebut bisa menjadi pelembab untuk kuku tangan dan kaki Anda sehingga bisa tumbuh dalam kondisi sehat serta kuat.

Anda cukup mengocok dua butir kuning telur, seperempat gelas cangkir susu, dan satu sendok makan madu. Setelah tercampur rata, rendam semua kuku Anda selama 10-15 menit, dan bilas hingga bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News