Bugar

5 Cara Menghilangkan Stres Akibat Olahraga Berlebihan

5 Cara Menghilangkan Stres Akibat Olahraga Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Olahraga berlebihan seperti para atlet ternyata bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan mental, salah satunya adalah stres.

Mereka mungkin stres akibat kurang maksimal dalam pertandingan. Sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan stres akibat olahraga berlebihan.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah cara menghilangkan stres akibat olahraga berlebihan yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Kesehatan Mental Remaja

1. Mendengarkan atau bermain musik

Cara menghilangkan stres akibat olahraga berlebihan yang pertama adalah mendengarkan atau bermain musik. 

Mendengarkan atau bermain musik adalah pereda stres yang baik karena dapat melawan gangguan mental, mengurangi ketegangan otot. dan menurunkan hormon stres.

2. Beristirahat sejenak

Cara menghilangkan stres akibat olahraga berlebihan yang kedua adalah beristirahat sejenak. Salah satu cara utama untuk menghilangkan stres akibat olahraga berlebihan adalah berhenti sejenak dan beristirahat. 

3. Pilih olahraga yang sesuai

Cara menghilangkan stres akibat olahraga berlebihan yang ketiga adalah memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh.

Jika Anda masih pemula, mulailah dengan olahraga yang ringan seperti joging, peregangan, atau aerobik. 

Baca Juga: Menjaga Berat Tubuh, Berikut Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Perempuan

4. Lakukan teknik relaksasi

Cara menghilangkan stres akibat olahraga berlebihan yang selanjutnya dengan meluangkan waktu untuk melakukan teknik relaksasi.

Hal ini mampu membantu tubuh mengelola stres dan melindungi tubuh dari efek stres. Beberapa teknik yang dapat dilakukan seperti pernapasan dalam, relaksasi otot progresif, dan meditasi. 

5. Berkumpul dengan teman dan keluarga

Cara menghilangkan stres yang terakhir adalah berkumpul dengan teman dan keluarga. Alih-alih berolahraga sendiri, tingkatkan aktivitas bersama dengan teman atau keluarga.

Tingkat dukungan yang lebih rendah dari teman, keluarga, dan pasangan akan berkaitan dengan kesepian, gejala depresi, dan stres yang dirasakan.

 Itulah beberapa cara menghilangkan stres akibat olahraga berlebihan yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News