Bugar

5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Perawatan Rumahan, Coba yuk

5 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Perawatan Rumahan, Coba yuk

MOMSMONEY.ID - Cukup menggangu kulit wajah, inilah cara menghilangkan komedo secara alami perawatan rumahan. Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang terbagi menjadi dua: komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). 

Komedo muncul saat sel kulit mati dan kelenjar minyak menumpuk serta menyumbat di pori-pori kulit wajah. Oleh sebab itu, Anda harus rutin membersihkan wajah dan melakukan scrub wajah. 

Tidak perlu khawatir, masih ada cara menghilangkan komedo salah satunya dengan perawatan rumahan. Melansir dari jovee.id dan evamuliaclinic.com, berikut cara menghilangkan komedo secara alami: 

1. Tea tree oil

Cara menghilangkan komedo secara alami pertama dengan tea tree oil. Tea tree oil bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Gunakan sedikit saja tea tree oil pada kapas dan gosokkan lembut pada area tumbuhnya blackhead.

Baca Juga: Bikin Kulit Awet Muda, Ini 4 Manfaat Olahraga Secara Teratur untuk Kulit

2. Scrub gula atau garam

Selanjutnya, Anda bisa menghilangkan komedo dengan scrub gula atau garam. Scrub gula atau garam dapat mengelupas sel-sel mati pada permukaan kulit.

Basahi wajah, oleskan scrub gula atau garam ke area tumbuhnya blackhead. Pijat lembut dengan gerakan melingkar selama 30 detik. Bilas wajah dengan air hingga bersih.

3. Teh hijau

Teh hijau juga dipercaya bisa menghilangkan komedo secara alami. Teh hijau dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah. Teh hijau juga mengandung anti oksidan yang membantu memelihara kesehatan kulit.

Campurkan daun teh hijau dengan air dan gosokkan lembut pada wajah dengan gerakan melingkar hingga 30 detik. Bilas wajah dengan air sampai bersih.

Baca Juga: Pahami 5 Cara Mendapatkan Kulit Glowing dengan Bahan Alami

4. Putih telur

Cara menghilangkan komedo berikutnya adalah putih telur. Putih telur memang sudah lama dikenal mampu mengatasi masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Pada kasus menghilangkan komedo, putih telur bisa dibuat dengan cara mengoleskan putih telur di wajah atau tepatnya di hidung.

Kemudian, diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga putih telur mengering. Setelah itu, cuci muka hingga bersih.

Sebelum mengoleskan putih telur ini, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Anda bisa melakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

5. Uap Panas

Terakhir, Anda bisa menghilangkan komedo dengan uap panas. Cara ini sering dilakukan oleh banyak orang. Anda perlu merebus 1-2 liter air sampai mendidih. Kemudian masukkan air mendidih ke dalam wadah yang telah Anda siapkan. 

Kemudian semprotkan wajah Anda dengan wajah ke arah wadah tersebut, tetapi sebelumnya bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Lakukan penguapan sekitar 3-5 menit. Tekan titik-titik hitam saat mengukus.

Setelah selesai, bersihkan wajah Anda dengan handuk. Cara ini dianggap aman dan efektif untuk kulit, sehingga Anda bisa melakukannya setiap hari.

Nah, itulah cara menghilangkan komedo secara dengan perawatan rumahan. Pastikan bahan dan kulit dalam keadaan bersih, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News