Bugar

5 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Benar

5 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Pentingnya merawat kesehatan kulit, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan kerutan di wajah dengan benar. Kerutan di wajah termasuk masalah kulit yang cukup menakutkan bagi wanita. Seiring bertambahnya usia, kerutan pasti akan dialami siapa pun. 

Namun, Anda masih bisa memperlambat kemunculan kerutan di wajah. Melansir dari senka.id, berikut lima cara menghilangkan kerutan di wajah dengan benar : 

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Pertama, cara menghilangkan kerutan di wajah adalah mengonsumsi makanan bergizi. Makanan bernutrisi bersumber dari sayur-mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, hingga produk hewani. 

Hal ini karena sumber makanan yang kaya akan antioksidan, berprotein tinggi, serta mengandung vitamin A dan vitamin E terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit yang berfungsi mencegah dan menghilangkan kerutan di wajah.

Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam sayur-mayur dan kacang-kacangan juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan lebih sehat. 

Contoh asupan hewani dengan sumber nutrisi tinggi yang bisa dikonsumsi ialah, ikan sarden, ikan salmon, dan putih telur untuk produk hewani.

Sedangkan, untuk sayur-mayur kamu bisa konsumsi brokoli, bayam, tomat, dan mentimun. Anda juga perlu konsumsi buah-buahan seperti nanas, pepaya, alpukat, dan semangka.

2. Hindari Paparan Sinar UV Langsung

Cara menghilangkan kerutan selanjutnya adalah hindari paparan sinar UV langsung. Photoaging atau penuaan dini merupakan suatu proses di mana berkurangnya kolagen dan serat elastin pada kulit yang diakibatkan paparan sinar matahari secara berlebih.

Dampak yang diakibatkan adalah kerutan, kering, elastisitas, dan bahkan menimbulkan flek hitam di wajah.

Untuk itu, menghindari paparan sinar UV langsung dan tetap melindungi kulit wajah dengan sunscreen adalah jawaban terbaik untuk bantu mencegah dan menghilangkan kerutan di wajah Anda.

Pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen saat Anda sedang beraktivitas di outdoor ataupun di indoor. Selain itu, ingat juga untuk reapply sunscreen setiap 2-3 jam untuk perlindungan yang lebih maksimal.

Baca Juga: Manfaatkan Promo Traveloka Tiket Pesawat Domestik dengan Diskon hingga Rp 100.000

3. Double Cleansing dengan Tepat

Kemudian, lakukan double cleansing dengan tepat. Baik sebelum dan terutama setelah beraktivitas, pastikan untuk double cleansing. 

Awali double cleansing dengan membersihkan wajah menggunakan first cleanser. Anda bisa memilih first cleanser berbahan dasar air, susu, atau minyak.

Setelah membersihkan wajah dengan first cleanser, lanjutkan dengan membasuh wajah menggunakan facial foam. Saat proses membersihkan, lakukan dengan gerakan memijat secara perlahan agar tekstur kulit Anda tetap terjaga kelembutannya.

Pastikan untuk memilih first cleanser dan facial foam yang sesuai dengan kondisi kulit Anda agar mendapatkan hasil yang optimal ya.

4. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini karena mengonsumsi makanan bergizi saja masih belum cukup untuk merawat kulit dari dalam.

Pastikan Anda beristirahat cukup dengan kualitas dan kuantitas tidur yang baik. Karena tubuh akan melakukan regenerasi kulit hanya ketika manusia tertidur.

Selain itu, penting juga untuk rutin berolahraga dimana dengan berolahraga, secara tidak langsung akan memperlancar dan tersebar secara merata ke seluruh area kulit.

Sehingga, mampu membuat kulit tampak bersih, halus, dan sehat. Tidak perlu yang berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan sesuai yang Anda suka, seperti yoga,  bersepeda, berenang, atau lari.

5. Pakai Sheet Mask Berbahan Dasar Alami

Cara menghilangkan kerutan di wajah lainnya adalah memakai sheet mask berbahan dasar alami. Menggunakan sheet mask secara rutin dapat membuat wajah lebih lembap, bercahaya, dan sehat. Selain itu, sheet mask juga bisa membantu menghilangkan kerutan di wajah dan dark spot secara bertahap. 

Anda bisa memakai sheet mask secara rutin, setidaknya 2x seminggu. Jadi, kulit wajah tidak hanya menjadi lembap dan terlihat sehat, namun juga ternutrisi dengan baik dan terhindar dari kerutan halus. 

Tidak sulit, kan? Itulah beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah dengan benar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News