Bugar

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki, Bisa Pakai Deodoran atau Teh Hijau

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki, Bisa Pakai Deodoran atau Teh Hijau

MOMSMONEY.ID - Bau kaki bisa menyebabkan rasa tak percaya diri dan menggangu aktivitas seharian. Walaupun ditutupi dengan kaos kaki, aroma kaki tetap muncul sehingga membuat penciuman hidung jadi tidak nyaman.

Jangan khawatir, masih ada beberapa cara menghilangkan bau kaki. Dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, berikut ini lima cara menghilangkan bau kaki tak sedap:

1. Menggunakan deodoran

Cara menghilangkan bau kaki adalah dengan penggunaan deodoran. Deodoran ternyata ampuh menghilangkan bakteri penyebab bau kaki, karena deodoran mengandung bahan-bahan antibakteri yang menangkal munculnya bau tak sedap pada tubuh.

Anda bisa mengaplikasikan deodoran berlabel “All Day Protection” atau “Perlindungan Sepanjang Hari” yang biasanya hanya mengurangi keringat sebanyak 20%. Sedangkan deodoran berlabel “Extra Strength” akan mengurangi keringat 30%.

2. Gunakan minyak lavender

Cara menghilangkan bau kaki juga bisa dengan gunakan minyak lavender. Minyak laveder mengandung antioksidan serta anti bakteri efektif untuk membunuh bakteri dan bau tidak sedap.

Cara mengaplikasikannya dengan berikan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air hangat. Kemudian masukkan kaki ke dalam air dan biarkan meresap selama 10 menit. Aroma harum minyak lavender juga akan mengurangi bau tidak sedap pada kaki. 

Baca Juga: Promo Spesial Traveloka ke Surabaya, Diskon Tiket Pesawat Rp150.000 Pakai Kode Ini

3. Rendam kaki dengan teh hijau

Selain deodoran dan minyak lavender, Anda juga bisa memakai teh hijau untuk menghilangkan bau kaki.

Teh hijau mengandung asam yang bisa menyempitkan pori-pori di kaki sehingga keringat yang keluar lebih sedikit. Teh juga berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di kaki.

Dengan merendam kaki dalam air teh selama setidaknya 30 menit dapat membantu mengurangi bau kaki. 

4. Pakia kaus kaki berbahan katun

Kaus kaki berbahan katun karena jenis bahan ini mudah menyerap keringat. Anda harus tahu bahwa keringat yang berada di kaki adalah penyebab awal bau kaki. Dengan mengenakan kaus kaki yang terbuat dari katun, keringat akan lebih diserap.

Sebaiknya sebelum mengenakan kaus kaki, taburkan bedak atau talc. Hal ini untuk mencegah keringat yang berlebihan dan menjaga kulit kaki tetap kering. Fokuskan taburan talc atau bedak pada sela-sela jari kaki.

5. Cuci kaki sampai bersih

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya yaitu dengan mencuci kaki sampai bersih. Cucilah kaki dengan menggunakan larutan air sabun yang hangat. Sebaiknya cucilah bertahap dengan air keran yang mengalir.

Setelah itu, keringkan dengan benar, terlebih pada sela-sela jari kaki. Pastikan Anda menggosok jari kaki dengan sabun.

Langkah tersebut untuk memastikan agar tidak ada lagi kotoran maupun bakteri yang masih menempel pada jari kaki. Kotoran dan bakteri yang menempel hanya akan memicu munculnya bau kaki. Jadi, usahakan untuk mencuci bagian kaki sampai benar-benar bersih ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News