HOME, Bugar

5 Cara Menggunakan Toner dengan Benar, Cobain Yuk!

5 Cara Menggunakan Toner dengan Benar, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Toner termasuk ke dalam rangkaian basic skincare. Toner digunakan setelah melakukan proses cleansing atau membersihkan wajah.

Pemakaian produk toner cukup mudah, hanya perlu menuangkan toner ke kapas atau tangan Anda lalu usapkan ke wajah. 

Namun, pemakaian toner juga tidak asal-asalan, ya. Agar toner bisa bekerja dengan maksimal, pahami cara menggunakan toner dengan benar di bawah ini dilansir dari laman thebodyshop.co.id, yakni: 

1. Tangan dalam Keadaan Bersih

Cara menggunakan toner dengan benar pertama adalah pastikan tangan dalam keadaan bersih. Saat akan menyentuh wajah, mencuci muka atau semua aktivitas yang dilakukan dengan tangan ke wajah penting untuk mencuci tangan terlabih dahulu.

Hal ini agar bakteri yang berada di tangan tidak berpindah ke wajah Anda. Hasilnya bisa memunculkan masalah kulit baru atau memperparah kondisi kulit. 

2. Pakai Toner Sesudah Membersihkan Wajah

Setelah membersihkan tangan, dilanjutkan dengan mencuci wajah hingga sempurna. Anda harus memakai toner setelah kulit wajah dibersihkan. Hal ini supaya toner dapat bekerja efektif untuk menutrisi kulit wajah.

Jika Anda menggunakan makeup, bersihkan dahulu dengan makeup remover baru lanjutkan dengan mencuci wajah dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selanjutnya, keringkan wajah sebelum memakai toner. 

Baca Juga: Pahami 4 Tanda Kulit Butuh Eksfoliasi, Sudah Tahu?

3. Gunakan Kapas

Cara menggunakan toner dengan benar berikutnya adalah gunakan kapas. Walaupun ada toner yang bisa digunakan dengan tangan, disarankan memakai kapas yang berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran dan makeup yang masih terselip di pori-pori wajah. 

Caranya benar yang bisa Anda lakukan yaitu usapkan kapas yang sudah diteteskan toner ke seluruh wajah dan leher ke arah atas. Berikan juga tekanan yang cukup untuk memberikan rasa segar pada wajah.

4. Pakai Toner Dua Kali Sehari

Toner dipakai dalam jangka waktu dua kali sehari. Memakai toner secara berlebihan justru dapat membuat wajah lebih berminyak dan berisiko timbul jerawat. Toner cukup digunakan dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari.

Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit kering, gunakan toner hanya pada malam hari saja untuk mengurangi pori-pori wajah tersumbat.

Toner digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum langkah skincare selanjutnya, yaitu serum atau perawatan wajah lainnya.

5. Terakhir, Pakai Pelembab

Cara menggunakan toner dengan benar terakhir yaitu pakai pelembab. Jangan lupa mengoleskan pelembab setelah memakai toner, ya.

Pelembab berfungsi untuk menjaga kelembaban dan menutrisi kulit wajah. Pilihlah produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News