5 Cara Menggunakan Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah

Reporter: Ana Risma
Jumat, 30 September 2022 | 11:10 WIB
5 Cara Menggunakan Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah


MOMSMONEY.ID - Kunyit termasuk rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai campuran masakan. Dalam dunia kecantikan, kunyit atau Curcuma longa telah dimanfaatkan selama lebih dari 4.000 tahun sebagai obat perawatan kulit Ayurveda.

Hingga saat ini, kunyit kerap dijadikan sebagai masker wajah alami mengingat rempah berwarna kuning mencolok ini menyimpan beragam khasiat penyembuhan termasuk antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi.

Punya bubuk kunyit di dapur namun tidak tahu akan digunakan untuk apa? Dilansir dari Kama Ayurveda, ada beberapa cara menggunakan kunyit terutama yang berbentuk bubuk untuk kecantikan kulit wajah. Berikut 5 cara di antaranya yang patut Anda coba:

Baca Juga: Kulit Mengalami Purging Akibat Penggunaan Retinol? Ini 5 Cara Mengatasinya

1. Untuk menyingkirkan sel kulit mati

Kunyit dan susu merupakan kombinasi yang sempurna untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Di dalam susu, ada Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang bermanfaat untuk mengelupas sel-sel kulit mati sekaligus membuat kulit tampak sehat dan terasa lembab.

Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 2 sendok teh susu cair hingga menjadi pasta yang halus. Setelah jadi, oleskan pasta ke seluruh wajah serta leher Anda dan biarkan selama beberapa saat sampai mengering. Cuci wajah Anda dengan air dingin hingga tidak ada lagi residu kunyit yang tersisa.

2. Untuk mencerahkan kulit

Kunyit mampu memberikan cahaya pada kulit sementara lemon memiliki sifat pemutihan. Ketika digunakan secara bersama-sama, kunyit dan lemon bisa membantu meringankan pigmentasi dan perubahan warna kulit.

Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membersihkan pori-pori secara mendalam, sebum berlebih, bakteri, dan kotoran. Dengan menggunakan masker kunyit dan lemon secara teratur, itu akan meratakan warna kulit sekaligus membuatnya bersih dan bercahaya.

Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan beberapa tetes jus lemon segar sampai menjadi pasta. Oleskan pasta ke seluruh wajah serta leher dengan kuas masker. Diamkan pasta menempel pada wajah dan leher selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

3. Untuk membuat kulit glowing

Dadih atau fermentasi susu kerbau dikenal memiliki bakteri baik yang bermanfaat untuk membantu menciptakan kulit yang glowing. Dadih mampu memelihara kulit dari dalam dan sangat cocok untuk kulit kering maupun berminyak.

Sementara itu, tanah liat fuller’s earth (multani mitti) memiliki sifat pembersihan, antiseptik, dan menyerap minyak. Mencampurkan bahan alami ini dengan kunyit dan dadih akan membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok makan dadih, 1 sendok teh fuller’s earth, 1 sendok teh bubuk cendana, dan 1 sendok makan air mawar kemudian campurkan semua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Langkah selanjutnya, oleskan pasta ke seluruh wajah dan leher Anda lalu diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Untuk hasil maksimal, lakukanlah perawatan ini seminggu sekali.

Baca Juga: 4 Manfaat Bengkuang untuk Kecantikan Kulit, Yuk Simak!

4. Untuk mengencangkan kulit

Perpaduan antara kunyit, putih telur, lemon, dan minyak almond akan menciptakan masker wajah yang ajaib untuk membantu mengobati infeksi kulit tertentu. Masker ini juga mampu menenangkan kulit yang teriritasi.

Zat dalam putih telur dapat membantu mengencangkan kulit dan menghentikan rasa gatal sedangkan lemon memiliki sifat antibakteri yang sangat baik untuk mencegah bakteri penyebab jerawat. Di sisi lain, minyak almond merupakan sumber antioksidan dan squalane yang hebat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Campurkanlah beberapa tetes minyak almond dengan 1 butir putih telur. Setelah tercampur, tambahkan 1 sendok teh jus lemon, 1 sendok teh bubuk kunyit, dan air mawar secukupnya. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah dan leher, tunggu sampai mengering, lalu bersihkan dengan air hangat dan produk pembersih wajah yang ringan.

5. Untuk menutrisi kulit

Masker kunyit dan madu bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang bercahaya sekaligus lembab dari dalam.

Dianggap sebagai pelembab alami, madu mampu menenangkan dan menghidrasi kulit, menghilangkan bekas jerawat, serta menghambat radikal bebas penyebab kerutan dan garis-garis halus. Adapun kunyit seperti yang kita tahu dapat mencerahkan kulit.

Cukup campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok makan susu cair. Setelah berubah menjadi pasta yang halus, oleskan masker ke seluruh wajah dan leher Anda. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan kulit Anda dengan handuk yang bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER