HOME, Bugar

5 Cara Mengembalikan Produktivitas Setelah Libur Lebaran

5 Cara Mengembalikan Produktivitas Setelah Libur Lebaran

MOMSMONEY.ID - Tak terasa libur lebaran telah selesai, saatnya kembali ke aktivitas biasa dan mulai bekerja seperti biasa.

Masa-masa setelah libur, biasanya membuat Anda merasa sulit kembali fokus pada aktivitas yang biasanya dijalankan, sehingga produktivitas dapat menurun. 

Terkadang untuk mengembalikan produktivitas bekerja, Anda perlu merencanakan hal-hal baru untuk diaplikasikan setelah libur Lebaran usai. 

Namun jangan lupa untuk mengembalikan produktivitas kerja setelah liburan usai. Beberapa orang kadang merasakan stres saat liburan berakhir, karena belum siap kembali bekerja.

Baca Juga: Tidak Banyak Orang Tahu, Ini 5 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit

Dilansir dari Work in Daily, inilah beberapa cara untuk mengembalikan produktivitas setelah libur lebaran, antara lain: 

1. Jangan begadang

Cara untuk mengembalikan produktivitas setelah libur lebaran yang pertama adalah jangan biasakan begadang. 

Sebelumnya, libur lebaran tidak mewajibkan Anda untuk bangun pagi, jadi Anda bebas tidur kapan saja, bahkan begadang hanya untuk terus mengobrol bersama keluarga dan sanak saudara.

Sekarang, ketika Anda harus kembali produktif, istirahat menjadi hal yang penting. Jangan begadang jika tidak perlu, atau Anda akan terbangun dengan tubuh lelah keesokan harinya.

2. Awali dengan olahraga

Cara untuk mengembalikan produktivitas setelah libur lebaran yang kedua adalah mengawali dengan olahraga. Saat liburan kemarin, wajar jika Anda merasa malas untuk berolahraga.

Padahal, olahragadapat membuat tenaga kembali pulih dan bersemangat untuk beraktivitas. Nah, supaya produktivitas Anda kembali, coba awali hari dengan berolahraga.

3. Buatlah jadwal 

Cara untuk mengembalikan produktivitas yang ketiga adalah membuat jadwal. Tidak ada salahnya membuat jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari pertama kembali bekerja. 

Hari pertama bekerja setelah menjalankan masa libur memang cukup berat, namun dengan membuat jadwal pekerjaan, Anda kembali terbiasa dengan rutinitas harian yang harus dikerjakan.

Baca Juga: Selain Mengenyangkan, Ini Manfaat Lain Ubi Ungu untuk Kesehatan

4. Ciptakan ruang kerja yang nyaman 

Cara untuk mengembalikan produktivitas setelah libur lebaran yang keempat adalah menciptakan ruang kerja yang nyaman. 

Hari pertama masuk kerja, ada baiknya untuk membersihkan atau membereskan meja kerja yang selama ini ditinggal berlibur. Meja kerja yang rapi akan memengaruhi produktivitas kerja.

Jadi, pastikan meja kerja rapi dan terasa nyaman. Jika masih WFH, tidak ada salahnya juga membuat ruang kerja lebih positif dan produktif.

5. Istirahat sejenak

Cara untuk mengembalikan produktivitas setelah libur lebaran yang kelima adalah istirahat sejenak. Otak Anda mungkin masih berkeliaran ke memori selama liburan.

Untuk menyiasatinya, istirahatlah sejenak sekitar 2-5 menit untuk menyegarkan kembali otak Anda. Atur timer di handphone untuk mengingatkan Anda agar beristirahat sebentar.

Selama waktu istirahat itu, Anda bisa melatih pernapasan dalam, melakukan peregangan tubuh atau berjalan-jalan di sekitar kantor.

Kembali produktif terkadang menjadi hal yang tidak mudah bagi sebagian orang. Supaya lebih bersemangat, minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Badan yang segar dan bugar pasti membuat Anda lebih termotivasi untuk kembali menjadi pribadi yang siap untuk kembali produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News