HOME, Bugar

5 Cara Mengecilkan Perut Secara Efektif dan Aman yang Perlu Anda ketahui

5 Cara Mengecilkan Perut Secara Efektif dan Aman yang Perlu Anda ketahui

MOMSMONEY.ID -Mengecilkan perut buncit tanpa olahraga dan diet sehat bukan hal yang tidak mungkin. Cara yang dilakukan fokus pada pembakaran lemak.

Sebab tidak ada cara yang paling ampuh dalam mengecilkan perut buncit selain membakar lemak berlebih di badan.

Ingat, tubuh tidak bisa membakar satu area saja di tubuh, sehingga cara terbaik adalah membakar keseluruhan lemak di tubuh.

Baca Juga: Wow! Inilah Sederet Manfaat Anggur Hijau yang Jarang Diketahui

Dilansir dari Mayo Clinic dan Women Health, berikut ini cara mengecilkan perut secara efektif dan aman yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Konsumsi lebih banyak protein

Cara mengecilkan perut secara efektif dan aman yang pertama adalah konsumsi lebih banyak protein. Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan.

Ia dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan lebih sedikit kalori.

Ini mungkin karena protein memengaruhi beberapa hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang, termasuk ghrelin dan GLP-1.

Jika saat ini Anda makan sarapan berbahan dasar biji-bijian, kamu mungkin kini perlu mempertimbangkan untuk beralih ke makanan kaya protein, seperti telur.

2. Makan makanan kaya serat

Cara mengecilkan perut secara efektif dan aman yang kedua adalah makan makanan kaya serat. Salah satu cara mengecilkan perut buncit yang banyak direkomendasikan adalah mencukupi asupan serat.

Sebuah studi menunjukkan, serat dapat memperlambat penyerapan makanan, sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

Penelitian lain juga mengungkap bahwa pola makan tinggi serat dan karbohidrat kompleks yang disertai dengan pembatasan asupan lemak, efektif dalam membantu mengurangi berat badan.

Untuk mendapatkan asupan serat yang cukup, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, flaxseed, alpukat, brokoli, ubi jalar, wortel, jambu, pir, dan apel.

3. Lakukan olahraga kardio

Cara mengecilkan perut secara efektif dan aman yang ketiga adalah melakukan olahraga kardio. 

Jika dilakukan secara rutin, olahraga kardio dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit yang sangat efektif, karena dapat membantu membakar lemak di daerah perut.

Disarankan untuk melakukannya selama 300 menit dalam seminggu. Padukan juga dengan jenis olahraga lain, seperti latihan dengan beban, guna mempercepat pembakaran lemak perut.

Baca Juga: Konsumsi Air Putih yang Cukup, Inilah Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

4. Meredakan stres

Cara mengecilkan perut secara efektif dan aman yang keempat meredakan stres. Stres juga sering dikaitkan sebagai salah satu penyebab menumpuknya lemak di perut.

Saat Anda stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon stres (kortisol) secara berlebihan. Pelepasan hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh menyimpan lemak di sekitar perut.

Untuk meredakan stres, Anda disarankan melakukan meditasi dan yoga secara rutin.

5. Kurangi asupan sodium

Cara mengecilkan perut secara efektif dan aman yang kelima adalah kurangi asupan sodium. Makanan asin dan gurih memang sangat nikmat saat dikonsumsi.

Garam yang terkandung dalam makanan asin dan gurih mampu mengikat atau menahan air dalam tubuh, sehingga tubuh terlihat lebih gemuk. Hal tersebut juga memengaruhi bentuk perut, sehingga terlihat lebih buncit. 

Itulah beberapa cara mengecilkan perut buncit secara efektif dan aman. Dengan memperbaiki pola hidup dan menerapkan hal-hal di atas, bukan tidak mungkin Anda dapat mengecilkan perut buncit dalam waktu yang singkat.

Apabila Anda masih sulit mencapai berat badan ideal meski sudah menerapkan cara mengecilkan perut buncit di atas, Anda bisa berkonsultasi ke dokteruntuk mendapatkan saran dan cara mengecilkan perut buncit sesuai kondisi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News