HOME, Keluarga

5 Cara Mengatur Pola Makan saat Memasuki Usia Kepala Empat

5 Cara Mengatur Pola Makan saat Memasuki Usia Kepala Empat

MOMSMONEY.ID - Pola makan merupakan hal yang sangat sensitif di usia 40-tahunan. Pasalnya, pola makan sehari-hari itulah yang akan mempengaruhi berat badan hingga kesehatan tubuh.

Untuk mencegah risiko kesehatan yang buruk terjadi di masa depan, belum terlambat untuk mulai mengubah pola makan dari sekarang, loh!

Lantas, pola makan bagaimana yang dibutuhkan untuk usia 40 tahun-an? Merangkum dari Bright Side, India Times, dan Family Doctor, berikut selengkapnya!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Harus Kembali Bekerja di Kantor Usai Lebaran

Metabolisme tubuh

Beranjak ke usia 40 tahun-an, metabolisme tubuh semakin berjalan lambat. Akibatnya, lemak banyak menumpuk di bagian tubuh tertentu, khususnya perut.

Maka, mulailah ubah pola hidup menjadi baik seperti rutin berolah raga agar lemak tidak terus menumpuk di area tertentu saja. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan pola makan sehat.

Upayakan untuk makan teratur sesuai jam makan dengan porsi protein yang lebih banyak & karbohidrat yang lebih sedikit. Protein mampu membantu anda untuk mempertahankan massa otot & tidak makan berlebihan.

Baca Juga: Jarang Minum Air? Ini Daftar 8 Makanan yang Dapat Menghidrasi Tubuh

Makan tepat waktu

Seperti yang disinggung sebelumnya, makan tepat waktu berguna untuk menjaga metabolisme tubuh bagi yang ingin menerapkan pola hidup baik di usia 40 tahun-an.

Pasalnya, makan terlambat dapat membuat metabolisme tubuh jadi melambat yang mengakibatkan berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung.

Baca Juga: Moms, Ini Dia 4 Tips Memasak Ikan Bakar yang Lezat Seperti Buatan Restoran

Jangan diet

Tahukan Anda, di usia 40 tahun-an, wanita berpotensi kehilangan massa otot 2 kali lebih besar dibandingkan pria. Itu sebabnya wanita di usia ini memiliki perut yang buncit, karena otot inti yang menopang perut perlahan menghilang.

Hindari 2 hal besar yang berpotensi menghilangkan otot tubuh, di antaranya adalah tidak berolah raga dan melakukan diet. Melakukan diet hanya akan membuat tubuh anda kekurangan nutrisi, sehingga proses pembentukan otot jadi terhambat.

Baca Juga: 5 Food Combining yang Sehat dan Cocok Dikombinasikan dengan Daging

Perkuat tulang

Di usia 40 tahun-an, belum terlambat jika masih ingin mengubah pola makan dengan memperkuat tulang untuk mempersiapkan hal-hal sulit di masa tua.

Anda masih bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium untuk memperkuat fondasi tulang dalam tubuh. Makanan tersebut di antaranya seperti susu, sarden, almond, dan salmon.

Baca Juga: 3 Jenis Daging yang Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes Tipe 2

Konsumsi bakteri baik

Pola makan yang baik di usia 40 tahun-an seperti mengonsumsi bakteri baik nyatanya sangat berguna bagi wanita yang akan menyambut masa menopausenya di kemudian hari.

Dengan mengonsumi yogurt ataupun probiotik seperti yakult juga dapat memperlancar ususmu sehingga kesehatannya dapat terjamin.

Tak perlu khawatir, di usia 40 tahunan juga masih boleh mengonsumsi berbagai jenis produk makanan dan minuman yang mengandung bakteri baik setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News