Keluarga

5 Cara Mengatasi Masalah Kurang Tidur pada Anak Remaja

5 Cara Mengatasi Masalah Kurang Tidur pada Anak Remaja

MOMSMONEY.ID - Kurang tidur termasuk permasalahan yang cukup umum di kalangan anak remaja. Mengutip Child Mind Institute, permasalahan kurang tidur pada anak remaja dapat disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya biologis, teknologi, tugas sekolah, jadwal yang padat, dan waktu berangkat sekolah yang terlalu pagi.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), anak remaja yang kurang tidur lebih mungkin mengalami masalah kesehatan fisik dan mental, terlibat dalam kecelakaan kendaraan bermotor, kinerja akademik yang menurun, obesitas, masalah memori dan konsentrasi, depresi, kecemasan, tekanan darah tinggi, diabetes, hingga sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Apabila menjumpai anak remaja Anda mengalami masalah kurang tidur, berikut 5 cara yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasinya sebagaimana dilansir dari Paradigm Treatment.

1. Ciptakan ruang tidur yang tenang

Memasuki waktu tidur, pastikan anak remaja mematikan komputer mereka sebelum naik ke ranjang. Pastikan juga anak mematikan handphone dan semua perangkat elektronik yang memungkinkan mereka begadang. Bertentangan dengan apa yang anak yakini, keberadaan gadget tidak akan membantu mereka untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Dan, jika rumah terdengar berisik di malam hari, Anda bisa merekomendasikan earplug atau penyumbat telinga untuk anak remaja.

Baca Juga: Ini 4 Kesalahan saat Menggunakan Test Pack yang Perlu Anda Ketahui

2. Dorong anak untuk berolahraga dengan cukup

Olahraga harian dapat membantu anak remaja untuk memiliki jadwal tidur yang lebih baik. Selain menawarkan manfaat fisik, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Melalui olahraga secara teratur, anak remaja Anda akan menikmati tidur yang lebih baik bukan hanya karena merasa lebih lelah secara fisik tetapi juga karena mereka mampu menyingkirkan kecemasan dan kekhawatiran berkat adanya peningkatan fisik.

Tak perlu berat-berat, Anda bisa mengajak anak untuk sekadar berjalan kaki santai atau berlari di jalanan sekitar rumah.

3. Ajarkan metode relaksasi kepada anak

Apabila anak remaja mengalami kesulitan tidur, metode relaksasi seperti meditasi atau guided imagery dapat membantu untuk mengatasinya. Manfaatkanlah file audio dan video yang ada di YouTube atau situs serupa untuk membantu anak merasa rileks dan tertidur dengan lebih mudah. Selain itu, Anda juga dapat mengajarkan anak untuk melakukan latihan pernapasan atau yoga.

Dengan mempelajari cara bersantai, itu tidak hanya akan membantu memfasilitasi tidur yang lebih baik, tetapi juga mampu membantu anak remaja untuk mengatasi stres dan kecemasan.

4. Coba obat alami untuk mengatasi insomnia

Pastikan kamar tidur anak remaja Anda cukup dingin namun tidak terlalu dingin ya, Moms. Pasalnya, tidur di ruangan yang terlalu hangat atau sangat dingin bisa menyebabkan insomnia dan terbangun di tengah malam.

Supaya anak lebih mudah lagi untuk tertidur, tawarkan kepada mereka secangkir susu hangat atau teh chamomile. Atau, mintalah anak untuk mandi air hangat sebelum tidur karena rutinitas ini dapat mendatangkan rasa kantuk dengan cepat.

5. Pakai aromaterapi

Ahli Diet bernama Catherine Christie, PhD, dan Susan Mitchell, PhD, merekomendasikan penggunaan aromaterapi untuk membantu meningkatkan kualitas tidur pada anak remaja.

Adapun beberapa contoh aroma menenangkan yang bisa Anda pilih untuk diletakkan di kamar anak yaitu aroma orange blossom, marjoram, chamomile, dan lavender.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News