Bugar

5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Bersisik dengan Benar, Gimana?

5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Bersisik dengan Benar, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Terasa tidak nyaman dan ganggu, inilah cara mengatasi kulit kering bersisik dengan benar. Kulit wajah kering bersisik perlu mendapatkan kembali kelembapan alami kulit.

Jika Anda memiliki masalah kulit kering bersisik, ada beberapa cara di bawah ini yang bisa Anda coba. Simak penjelasan tentang cara mengatasi kulit kering bersisik dengan benar dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

1. Pilih Face Wash yang Lembut

Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik pertama adalah pilih face wash yang lembut. Face wash adalah produk dasar dari perawatan kulit wajah.

 Penggunaan face wash dengan kandungan parfum, pewarna, dan bahan kimia lainnya akan membuat kulit wajah menjadi iritasi dan semakin kering.

Beberapa face wash mengandung pembersih yang keras untuk membuat wajah Anda bersih.

Sehingga, yang Anda butuhkan untuk atasi kulit wajah kering bersisik adalah face wash yang lembut, untuk menghilangkan kotoran namun tidak menghilangkan minyak alami kulit, supaya kulit wajah tetap terhidrasi dan tampak sehat.

Baca Juga: Harus Tahu! Kenali 4 Vitamin yang Cocok untuk Masalah Kulit Kering

2. Gunakan Pelembab Wajah

Selanjutnya, penggunaan pelembab wajah dapat mengatasi kulit wajah kering bersisik. Pelembab berfungsi untuk meningkatkan retensi air, menenangkan dan melembabkan kulit wajah. Gunakan pelembab dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. 

Pastikan Anda memperhatikan kandungan yang terdapat pada produk pelembab, supaya kulit wajah kering bersisik tidak semakin parah. 

Beberapa kandungan pada pelembap yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering dan bersisik yakni, hyaluronic acid, minyak kelapa, lidah buaya, ceramides, dan shea butter.

3. Lakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi pada kulit wajah itu penting, karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati lama dan mengatasi masalah kulit wajah bersisik. Eksfoliasi dapat membantu memperbaiki tekstur kulit wajah secara keseluruhan.

Namun, jangan lakukan eksfoliasi terlalu sering karena dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Eksfoliasi dilakukan minimal 1-2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Moms, Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

4. Ubah Kebiasaan Mandi

Cara tepat mengatasi kulit wajah kering bersisik berikutnya adaalh ubah kebiasaan mandi. Pada pemilik kulit bersisik, sangat disarankan untuk menggunakan air suhu normal, bukan air panas, saat mandi atau mencuci muka.

Penggunaan air yang terlalu panas untuk mandi akan membuat kulit menjadi semakin kering. Selain itu, kebiasaan mandi yang terlalu lama juga dapat memperburuk kondisi kulit Anda. 

Mandi terlalu lama akan membuat menghilangkan sebum pada kulit, sehingga kulit Anda akan semakin kering.

Setelah mandi atau mencuci muka, Anda harus segera mengoleskan pelembap untuk membantu mengunci kelembapan kulit wajah

5. Minum Air Putih

Terakhir, cara mengatasi kulit wajah kering adalah minum air putih. Minum air putih memang telah terbukti memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya menjaga kelembapan kulit. Ketika tubuh kekurangan air, maka kulit akan mengalami dampaknya.

Kulit menjadi kering, kusam, dan rentan iritasi akibat kekurangan asupan air dalam tubuh. Jadi, penuhi kebutuhan air putih dengan meminum air sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap harinya.

Nah, itulah beberaoa cara mengatasi kulit kering bersisik dengan benar. Yuk, rutin merawat kulit Anda sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News