Keluarga

5 Cara Mengatasi Kulit Purging dengan Benar, Tetap Pakai Sunscreen!

5 Cara Mengatasi Kulit Purging dengan Benar, Tetap Pakai Sunscreen!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 cara mengatasi kulit purging dengan benar di sini.

Purging mengacu pada kambuhnya atau munculnya jerawat saat Anda mengaplikasikan produk skincare baru pada kulit, terutama jika produk tersebut mengandung banyak bahan aktif.

Alasan mengapa produk skincare baru memicu timbulnya purging yaitu karena bahan-bahan di dalamnya meningkatkan pergantian sel, yang berarti bahan-bahan tersebut bekerja dengan baik di kulit Anda untuk menutrisi, memperbaharui, dan memperbaikinya. Dalam prosesnya, racun dan kotoran akan terdorong ke permukaan kulit. Kondisi inilah yang memicu reaksi dan munculnya jerawat. 

Kabar baiknya, purging berlangsung lebih singkat dibandingkan breakout yaitu sekitar 2-3 minggu. Setelah kulit melewati fase purging dan mulai terbiasa dengan bahan-bahan dalam produk skincare baru, kulit akan menjadi lebih sehat, bersih, dan cerah. Jadi, selama proses purging, bersabarlah dan perlakukan kulit Anda dengan lembut karena kulit akan sangat rentan dan sensitif saat mengalami purging.

Nah, untuk membantu Anda melewati dan meminimalkan intensitas purging, terapkanlah 5 cara mengatasi kulit purging dengan benar yang dilansir dari Skincare Simplified berikut ini.

Baca Juga: Ini 4 Kombinasi Skincare Terbaik Agar Wajah Lebih Cepat Glowing

1. Hindari menyentuh wajah secara berlebihan

Cara mengatasi kulit purging yang pertama yaitu hindari menyentuh wajah secara berlebihan.

Saat mengalami purging, penting untuk meminimalkan kontak dengan wajah Anda. Pasalnya, kulit Anda membutuhkan waktu untuk pulih dan keluar dari proses purging.

Apabila Anda sering menyentuh wajah, itu akan meningkatkan kemungkinan berkembang biaknya bakteri dan mengganggu proses purging. Pada akhirnya, kebiasaan ini bisa memperburuk atau memperpanjang kambuhnya kemerahan akibat purging.

2. Minimalkan rutinitas skincare

Cara mengatasi kulit purging yang kedua yaitu meminimalkan rutinitas skincare.

Purging mengharuskan Anda menjaga rutinitas skincare seminimal mungkin. Selain tetap memakai produk skincare baru yang sedang dicoba, jangan lupa juga untuk fokus pada basic skincare (cleanser, pelembab, dan sunscreen) saat mengalami purging.

Hindari produk skincare yang berisiko mengiritasi kulit seperti toner dan serum yang mengandung bahan aktif sebelum kulit Anda benar-benar pulih dari purging.

3. Bersihkan wajah dengan benar

Cara mengatasi kulit purging yang ketiga yaitu membersihkan wajah dengan benar.

Penting untuk membersihkan wajah pada pagi dan malam hari guna menghilangkan kotoran, sisa makeup, dan sisa skincare yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan lebih banyak jerawat akibat purging.

Pilihlah produk pembersih wajah yang lembut serta menghidrasi dan gunakan secara konsisten. Hindari membilas wajah menggunakan air panas, karena bisa menghilangkan kelembaban sekaligus mengeringkan kulit. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Produk Skintific untuk Eksfoliasi Wajah, Ada Masker hingga Serum

4. Hindari produk eksfoliasi yang keras

Cara mengatasi kulit purging yang keempat yaitu menghindari produk eksfoliasi yang keras.

Hindari penggunaan produk eksfoliasi yang keras terutama yang berbentuk scrub saat mengalami purging. Pasalnya, produk eksfoliasi semacam ini cenderung menyebabkan robekan mikro yang berbahaya pada permukaan kulit serta dapat mengiritasi jerawat yang ada.

Kendati demikian, bukan berarti Anda harus menghindari eksfoliasi sama sekali. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi setidaknya 1-2 kali seminggu dengan chemical exfoliator yang lembut. Chemical exfoliator yang lembut akan membantu membersihkan kulit secara mendalam, membuka pori-pori yang tersumbat, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan mencegah timbulnya jerawat maupun komedo.

5. Pakai sunscreen

Cara mengatasi kulit purging yang kelima yaitu memakai sunscreen.

Selalu ingat untuk menghindari paparan sinar matahari dalam waktu lama karena dapat memperburuk purging. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunscreen setiap hari, terutama saat Anda harus beraktivitas di luar ruangan.

Pilihlah sunscreen yang ringan setidaknya SPF30 lalu aplikasikan kembali setiap 2 jam. Ini akan membantu melindungi skin barrier Anda dari radikal bebas dan kerusakan akibat sinar UV. Plus, memberikan perlindungan dari penyebab stres lingkungan yang mungkin memperburuk proses purging.

Demikian 5 cara mengatasi kulit purging dengan benar. Selama periode purging, Anda harus memerhatikan kulit Anda dengan cermat. Jika jerawat atau kemerahan terus berlanjut, terasa nyeri, atau semakin memburuk, sebaiknya hentikan penggunaan produk skincare baru yang sedang Anda coba dan berkonsultasilah dengan dokter kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News