Keluarga

5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Bahan Alami, Kulit Kepala Auto Lembab

5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Bahan Alami, Kulit Kepala Auto Lembab

MOMSMONEY.ID - Berikut MomsMoney bagikan 5 cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami.

Kulit kepala kering dapat disebabkan oleh berbagai hal di antaranya kebiasaan mencuci rambut terlalu sering, tidak minum cukup air, alergi terhadap produk perawatan rambut yang keras, dan psoriasis.

Saat kulit kepala mengering, berbagai permasalahan seperti gatal-gatal, rasa sakit, rambut rontok, dan ketombe pun menjadi lebih mudah menyerang.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Karena, kali ini MomsMoney akan membagikan 5 cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami. Dijamin mudah dan efektif, inilah penjelasannya, dirangkum dari Healthline.

Baca Juga: 4 Manfaat Bermain Sepatu Roda untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Jantung lo

1. Pakai minyak kelapa

Cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami yang pertama yaitu menggunakan minyak kelapa. Selain mampu melembabkan kulit kepala, minyak kelapa juga memiliki sifat anti-jamur dan antibakteri yang bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko infeksi.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat secara signifikan membantu mengobati dermatitis atopik

Oleskan sedikit minyak kelapa murni ke kulit kepala Anda lalu pijat-pijat. Diamkan setidaknya 10 menit sebelum membilasnya dengan air dan sampo. Tak hanya akan membantu mengatasi kulit kepala yang kering, cara ini juga bisa membuat rambut halus bak sutra.

2. Pakai pisang

Cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami yang kedua yaitu menggunakan pisang. Bergizi dan melembabkan, pisang termasuk bahan alami yang bagus untuk merawat kulit kepala kering dan bahkan menyingkirkan ketombe.

Berkat kandungan antimikroba alami yang ada di dalamnya, pisang dapat sekaligus membersihkan kulit kepala yang kering.

Tumbuk atau blender pisang kemudian campurkan dengan beberapa sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun. Perpaduan bahan-bahan ini akan memudahkan Anda untuk membilas rambut nantinya.

Setelah jadi, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala Anda, pijat-pijat, dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas.

Baca Juga: 5 Jenis dan Ciri-Ciri Sabun Mandi Sebelum Dipakai, Ada yang Kurang Populer

3. Pakai jojoba oil

Cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami yang ketiga yaitu menggunakan jojoba oil. Sama halnya dengan minyak kelapa, jojoba oil juga bisa menjadi pelembab alami yang efektif untuk membantu meredakan kulit kepala kering dengan cepat.

Kelebihan lain dari jojoba oil yakni sifat anti-inflamasinya yang mampu mengobati kondisi kulit yang memengaruhi kulit kepala.

Tambahkan beberapa tetes jojoba oil ke dalam sampo yang akan Anda gunakan. Lalu, keramaslah seperti biasa dengan sampo yang telah dicampur dengan jojoba oil.

Langkah ini memungkinkan hidrasi tetap terjaga sekaligus mencegah kulit kepala semakin kering akibat penggunaan sampo.

4. Pakai lidah buaya

Cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami yang keempat yaitu menggunakan lidah buaya. Sudah populer di dunia kecantikan sejak lama, lidah buaya memiliki sejumlah khasiat salah satunya membantu mengatasi kulit kering.

Selain sebagai agen pelembab yang efektif, lidah buaya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi iritasi kulit.

Ambilah lidah buaya segar dan oleskan secara topikal ke kulit kepala Anda. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Opsi lain yang bisa Anda pilih untuk mengatasi kulit kepala kering menggunakan lidah buaya, dengan mengonsumsi suplemen lidah buaya oral atau minum jus lidah buaya.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan lidah buaya dalam bentuk suplemen atau jus, pastikan untuk berhati-hati karena olahan tersebut dapat bertindak sebagai pencahar.

Baca Juga: Tidak Hanya Kaya Nutrisi, Kenali Manfaat Lobak sebelum Mengonsumsinya Moms

5. Pakai alpukat

Cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami yang kelima yaitu menggunakan alpukat. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat melembabkan dan melindungi kulit kepala.

Untuk mendapatkan manfaat alpukat tersebut, Anda bisa memakannya secara langsung, mengoleskannya, atau menggunakannya secara topikal dalam bentuk minyak.

Apabila Anda berniat untuk mengoleskan alpukat segar ke kulit kepala Anda, selalu ingat untuk mencampurkannya terlebih dahulu dengan beberapa tetes carrier oil atau minyak pembawa seperti minyak zaitun sebelum diaplikasikan ke kulit kepala.

Setelah tercampur merata, oleskan lalu pijat-pijat campuran tersebut ke kulit kepala Anda. Biarkan selama 10-15 menit sebelum Anda membilas rambut Anda.

Nah, itulah 5 cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dicoba, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News