HOME, Bugar

5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Masa Kehamilan

5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Masa Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Kaki yang bengkak saat hamil adalah masalah yang umum terjadi dan biasanya menyerang bagian tungkai, pergelangan kaki, kaki, hingga jari. Pembengkakan pada kaki ini disebut juga dengan edema, dikutip dari Healthline.

Gangguan ini terjadi akibat adanya penumpukan cairan di dalam jaringan tubuh. Risiko ini umum terjadi saat hamil karena tubuh memproduksi darah dan cairan lebih dari 50 persen saat tubuh normal untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Saat hamil, ada banyak perubahan yang terjadi di dalam tubuh, sehingga mampu menimbulkan beberapa gangguan yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kaki bengkak saat hamil.

Memang menurut ahli medis, saat ibu hamil mengalami pembengkakan pada kaki, hal tersebut bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan.

Baca Juga: 5 Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

Kaki bengkak adalah keluhan yang umum terjadi pada ibu hamil. Ada beberapa cara menghilangkan kaki bengkak saat hamil yang dapat Anda coba di rumah, seperti berikut ini.

1. Lebih banyak minum air putih

Minum air putih lebih banyak agar tubuh tidak menganggap Anda kehausan atau bahkan mengalami dehidrasi. Saat dehidrasi, secara otomatis tubuh akan menahan cairan agar tidak keluar dari tubuh.

Hal ini pasti tidak Anda inginkan saat sedang mengalami pembengkakan selama kehamilan.

2. Mengurangi konsumsi garam

Garam bisa menyebabkan penyerapan air di tubuh tidak berlangsung sempurna. Tentu, kondisi ini tidak Anda inginkan ketika produksi cairan di tubuh sedang banyak-banyaknya.

3. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman

Pakaian yang ketat akan mengganggu aliran darah. Sehingga, Anda disarankan untuk tidak menggunakan kaus kaki atau stocking dengan karet yang ketat di bagian pergelangan kaki.

Gunakanlah pakaian yang longgar dan nyaman, agar darah pun dapat mengalir dengan baik.

4. Batasi konsumsi kafein

Kafein adalah diuretik. Artinya, kandungan ini akan membuat Anda ingin buang air kecil. Hal ini membuat tubuh berpikir bahwa Anda kekurangan cairan, sehingga akan terus menahan kelebihan cairan yang ada di tubuh yang dapat menyebabkan bengkak.

Baca Juga: Daftar Rempah-Rempah yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil

5. Jangan berdiri terlalu lama

Cara kempeskan kaki bengkak saat hamil selanjutnya adalah dengan tidak duduk atau berdiri terlalu lama. Berdiri terlalu lama tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang sedang mengalami pembengkakan kaki.

Sebisa mungkin, cobalah duduk dengan posisi kaki selonjor, untuk meregangkan otot betis.

Jika pembengkakan hanya terjadi pada satu kaki dan disertai dengan rasa nyeri, kemerahan, dan panas jika diraba, maka Anda bisa saja sedang mengalami deep vein thrombosis (DVT). 

Ini adalah kondisi penggumpalan darah pada pembuluh vena dalam.Apabila tidak yakin, tentang penyebab pembengkakan yang Anda alami, konsultasikanlah hal ini ke dokter kandungan maupun bidan.

Selanjutnya: Ketahui Dampak Aborsi pada Kesehatan Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News