Bugar

5 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Akibat Produk Skincare Tidak Cocok, Gimana?

5 Cara Mengatasi Iritasi Kulit Akibat Produk Skincare Tidak Cocok, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Jangan asal pakai skincare, simak cara mengatasi iritasi kulit akibat produk skincare tidak cocok. Saat ini semakin banyak kandungan dan jenis produk skincare, hal ini membuat Anda merasa ingin memakai banyak produk. 

Namun, tidak semua jenis kulit cocok dengan kandungan dari produk skincare. Penyebab iritasi kulit akibat skincare terjadi karena penggunaan produk yang terlalu banyak, bahan dari produk yang berbeda, atau produk yang Anda gunakan tidak cocok untuk kulit.

Tetapi masih ada cara mengatasi iritasi kulit akibat produk skincare tidak cocok. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, simak penjelasannya di bawah ini : 

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Tekstur Kulit yang Harus Anda Pahami, Apa Saja?

1. Perhatikan Perubahan Wajah 

Cara pertama mengatasi iritasi kulit akibat skincare adalah perhatikan perubahan wajah setelah menggunakan produk kecantikan.

Jika Anda merasakan gatal, kemerahan, hingga bintik-bintik jerawat sebaiknya segera hentikan penggunaan produk skincare. Hal ini karena produk tersebut hanya membuat kulit memicu reaksi yang negatif.

2. Membersihkan Wajah

Cara mengatasi iritasi kulit selanjutnya adalah membersihkan wajah. Sebaiknya Anda rajin membersihkan wajah jika tanda-tanda iritasi mulai terlihat. Cuci muka menggunakan sabun bebas aroma dan air untuk menghilangkan sisa produk yang menempel di wajah.

3. Pakai Lotion Khusus

Kemudian, Anda perlu memakai lotion khusus. Jika kulit Anda mengalami kemerahan dan iritasi, sebaiknya Anda menggunakan lotion yang menenangkan seperti calamine.

Jika kulit melepuh, Anda bisa menggunakan lotion antiseptik. Jika gangguan kulit disertai rasa gatal dan bengkak, cobalah oleskan krim hidrokortison yang dijual bebas dan minumlah tablet antihistamin.

Baca Juga: Manfaatkan Promo Mister Aladin 1-24 Juni 2023, Diskon Semua Produk Hingga 50%

4. Menjaga Kelembapan

Berikutnya, cara mengatasi iritasi kulit adalah menjaga kelembapan. Saat kulit sedang terkena iritasi, sebaiknya Anda selalu menjaga kulit agar tetap lembap. Anda bisa menggunakan krim hypoallergenic yang biasanya mengandung minyak yang dapat membuat kulit menjadi halus. 

5. Gunakan Pembersih Wajah Tanpa Alkohol

Cara mengatasi iritasi kulit akibat produk skincare lainnya adalah gunakan pembersih wajah tanpa alkohol. Ketika kulit wajah sedang iritasi sebaiknya pilih pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol.

Carilah bahan alternatif lain seperti bahan lavender atau witch hazel yang dapat menyejukkan dan mengecilkan pori-pori.

Namun, jika iritasi masih berlanjut dan semakin parah sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang diperlukan.

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi iritasi kulit karena produk skincare yang tidak cocok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News