Bugar

5 Cara Mengatasi Bruntusan menggunakan Minyak Zaitun

5 Cara Mengatasi Bruntusan menggunakan Minyak Zaitun

MOMSMONEY.ID - Minyak zaitun merupakan minyak alami yang sering dimanfaatkan untuk merawat diri, mulai dari kulit hingga rambut. Minyak zaitun telah lama dimanfaatkan untuk perawatan kulit.

Minyak zaitun mengandung berbagai macam nutrisi seperti kalsium, kalium, vitamin E, vitamin K, antioksidan dan lain-lain. Jika Anda mengalami masalah kulit seperti bruntusan, minyak zaitun dipercaya bisa mengatasi bruntusan tersebut. Hal ini berkat kandungan yang dimiliki minyak zaitun.

Ada beberapa cara mengatasi bruntusan dengan minyak zaitun seperti menggunakannya sebagai masker, pijatan, penguapan, hingga scrub dari minyak zaitun. Melansir dari evamuliaclinic.com, berikut cara lengkap menggunakannya.

1. Minyak zaitun dan madu

Cara mengatasi bruntusan dengan bahan minyak zaitun dan madu. Kombinasi dua bahan tersebut bisa Anda gunakan sebagai perawatan kecantikan kulit secara alami. Anda bisa menghilangkan bruntusan di wajah dengan minyak zaitun dan madu.

Cara membuatnya tidak sulit, yaitu persiapkan semua bahan yang dibutuhkan yaitu minyak zaitun dan madu dengan perbandingan 1:1. Kemudia aduk kedua bahan tersebut hinga merata.

Selanjutnya, oleskan campuran kedua bahan tersebut ke wajah. Diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan perawatan ini secara rutin. 

2. Penguapan

Selain membuat masker, Anda juga bisa melakukan penguapan dari minyak zaitun untuk mengatasi bruntusan di wajah. Cara ini juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya cukup mudah, rebus air yang sebelumnya sudah dicampurkan dengan minyak zaitun hingga menghasilkan uap. Jika sudah, Anda bisa mengangkat airnya dan memasukkannya ke dalam wadah.

Selanjutnya Anda bisa mengoleskan uap ke wajah, jaraknya sekitar 18 inci dari udara. Harus lebih berhati-hati dalam melakukan ini. Karena jika jarak antara wajah dan air semakin dekat, maka akan menimbulkan sensasi terbakar.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah 8 Cara Merawat Rambut Habis di Smoothing

3. Minyak zaitun dan kunyit

Berikutnya, cara mengatasi bruntusan dengan minyak zaitun dan kunyit. Campuran kedua bahan ini bisa mengatasi ruam kulit di wajah.  Inilah cara membuat masker kunyit dan minyak zaitun.

Pertama, campurkan minyak zaitun dan bubuk kunyit. Lalu aduk hingga merata. Kemudian, oleskan pada wajah yang bruntusan. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas waja hingga bersih. Anda bisa melakukan cara ini satu minggu dua kali. 

4. Pijatan

Pijatan menggunakan minyak zaitun akan membuat Anda merasa santai dan tenang. Anda bisa menghilangkan bruntusan di wajah dengan melakukan terapi pijat minyak zaitun.  

Oleskan minyak zaitun ke wajah, kemudian pijat dengan lembut dan perlahan di area wajah. Jika sudah, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, bersihkan wajah dan meningkatkan peredaran darah.

5. Scrub dari minyak zaitun

Selain melakukan pijatan, penguapan dan masker. Anda juga bisa mengatasi bruntusan di wajah dengan melakukan scrubing minyak zaitun. Caranya cukup mudah dilakukan di rumah yaitu campurkan 2 sendok makan garam laut halus dengan 1 sendok makan minyak zaitun.

Kemudian, aduk hingga merata. Gosok kulit yang berjerawat selama sekitar 3 menit hingga 4 menit secara lembut. Selanjutnya, bilas wajah hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu satu kali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News