HOME, Bugar

5 Cara Mengatasi Bruntusan di Wajah dengan Produk Skincare

5 Cara Mengatasi Bruntusan di Wajah dengan Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Munculnya bruntusan di wajah tentunya membuat penampilan terlihat kurang menarik. Namun, bruntusan di wajah tetap bisa diatasi. Salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu dengan pemakaian produk skincare yang tepat.

Agar tidak keliru, berikut beberapa cara mengatasi bruntusan yang bisa Anda coba lakukan di rumah. Melansir dari senka.id, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Lakukan Double Cleansing

Cara mengatasi bruntusan di wajah pertama dengan melakukan double cleansing secara rutin. Paparan polusi, bakteri dan kotoran yang menempel di pori-pori menjadi salah satu pemicu munculnya komedo.

Anda perlu membersihkan permukaan kulit dengan optimal, menggunakan metode double cleansing. Selanjutnya, Anda bisa memastikan kulit benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel di wajah. 

2. Aplikasikan Toner

Setelah melakukan double cleansing, langkah skincare routine untuk kulit bruntusan berikutnya adalah mengaplikasikan toner. Toner mampu membersihkan sisa-sisa kotoran, mengembalikan keseimbangan pH kulit, dan mempersiapkan kulit wajah untuk menerima rangkaian produk perawatan berikutnya. 

Baca Juga: Inilah 5 Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Rambut. Bisa Bikin Sehat dan Berkilau!

3. Gunakan Moisturizer

Cara mengatasi bruntusan di wajah dengan produk skincare selanjutnya adalah menggunakan moisturizer. Banyak yang mengira bahwa moisturizer hanya diperuntukkan bagi pemilik kulit kering.

Ternyata semua tipe kulit tetap membutuhkan moisturizer agar kadar air pada kulit terjaga, sehingga kulit tidak memproduksi minyak berlebih yang merangsang terbentuknya bruntusan di wajah. 

Anda perlu mengaplikasikan moisturizer dua kali sehari, yang sesuai dengan tipe kulit. Pilihlah moisturizer dengan kandungan Ceramide, Hyaluronic Acid, Gliserin, atau Asam Laktat yang mampu mengatasi kulit bruntusan.

4. Pakai Sheet Mask

Berikutnya, pemakaian sheet mask juga mampu mengatasi bruntusan di wajah. Sheet mask berfungsi untuk meredakan iritasi dan menutrisi kulit. Anda bisa memilih sheet mask yang dapat melembapkan dan membantu mengurangi bruntusan di wajah. 

5. Lakukan Eksfoliasi

Cara mengatasi bruntusan di wajah terakhir dengan melakukan eksfoliasi. Bruntusan disebabkan oleh kotoran dan minyak yang tersumbat di pori-pori. Oleh sebab itu, lakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali, agar sel kulit mati di wajah terangkat.

Sehingga, kulit wajah jadi bersih dan minyak pun tidak tersumbat. Pilihlah produk eksfoliasi, seperti toner AHA/BHA yang gentle dan lembut di kulit. Sebab, kandungannya mampu membersihkan pori-pori, sehingga bruntusan pun dapat berkurang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News