HOME, Keluarga

5 Cara Menenangkan Kulit yang Marah Akibat Penggunaan Skincare

5 Cara Menenangkan Kulit yang Marah Akibat Penggunaan Skincare

MOMSMONEY.ID -Semakin beragam produk skincare yang Anda gunakan tidaklah menjamin kulit akan terbebas dari masalah.

Terkadang, penggunaan skincare secara berlebihan justru bisa membahayakan kulit terutama jika kulit Anda sensitif. Selain itu, bereksperimen dengan berbagai skincare baru juga rentan menimbulkan iritasi dan menyebabkan kulit terasa lebih sensitif dari sebelumnya.

Jika saat ini kulit Anda sedang marah akibat penggunaan skincare, berikut MomsMoney bagikan 5 cara sederhana untuk membantu menenangkannya.

Baca Juga: Berkualitas dan Cantik, Kenali Ciri Khas dan Kelebihan Kayu Mahoni

1. Hentikan penggunaan skincare sementara

Saat Anda menyadari bahwa kulit Anda terlihat sangat merah, meradang, kasar, atau terasa sangat sensitif, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berhenti menggunakan semua produk yang baru Anda masukkan ke dalam rutinitas skincare Anda.

Tunggulah sampai peradangan dan sensitivitas berkurang atau kulit benar-benar sembuh. Setelah kulit membaik, Anda bisa memakai kembali produk skincare yang Anda miliki satu per satu dengan syarat melakukan uji tempel terlebih dahulu.

2. Tempelkan kompres dingin

Salah satu cara yang ideal untuk mengatasi kulit merah dan gatal adalah menempelkan kompres dingin. Ini akan membantu mengontraksikan pembuluh darah yang melebar di area kulit tersebut dan membantu mengembalikan warna normal kulit.

Untuk cara praktisnya, cukup rendam kain muslin atau katun bersih ke dalam air dingin dan letakkan di area kulit yang bermasalah.

3. Gunakan masker yang menenangkan

Jika kulit Anda terasa sangat kasar dan sensitif, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk masker yang menenangkan dan mengandung bahan-bahan yang dapat menutrisi sekaligus melembabkan kulit.

Anda dapat memilih masker yang mengandung oatmeal karena oatmeal memiliki kemampuan untuk membantu menenangkan kulit dan meredakan peradangan secara efektif. Atau, Anda juga bisa menggunakan produk-produk berbahan dasar aloe vera entah itu berbentuk masker atau gel untuk memberikan efek soothing pada kulit Anda yang sedang tidak stabil.

4. Oleskan pelembab yang ringan

Mengoleskan pelembab yang ringan atau lightweight menjadi cara berikutnya yang dapat Anda praktikkan untuk membantu menenangkan kulit yang sedang marah dan meradang.

Nah, dikarenakan kulit sensitif mudah terpengaruh dengan berbagai kandungan kosmetik, maka Anda harus jeli dalam memilih produk pelembab yang akan digunakan. Hindarilah pelembab yang bersifat comedogenic dan mengandung pewangi serta alkohol. Sebagai gantinya, gunakan pelembab ringan berbahan dasar air untuk menjaga kelembaban dan nutrisi pada kulit sensitif Anda.

5. Minum banyak air

Salah satu cara terbaik untuk meredakan peradangan dan kemerahan pada kulit adalah dengan menjaga tubuh supaya selalu terhidrasi dari dalam.

Minumlah banyak air setidaknya 8 gelas dalam sehari untuk membuang racun dari sistem tubuh dan memberikan kulit Anda penampilan yang sehat.

Nah, itulah 5 cara menenangkan kulit yang marah akibat penggunaan skincare. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News