HOME, Bugar

5 Cara Mendapatkan Kulit Awet Muda pada Kulit Berminyak

5 Cara Mendapatkan Kulit Awet Muda pada Kulit Berminyak

MOMSMONEY.ID - Kulit berminyak dianggap sebagai jenis kulit wajah yang bisa awet muda. Hal ini dikarenakan kulit berminyak dapat mencegah kerutan dengan lebih optimal karena minyak wajah menjaga kulit tetap lembab dan halus. Namun, kulit berminyak juga rentan mengalami masalah kulit jerawat dan komedo karena sebum.

Oleh karena itu, agar mendapatkan kulit awet muda pada kulit berminyak lakukan beberapa perawatan kulit rutin ini. Melansir dari cleanandclear.co.id, berikut lima cara mendapatkan kulit awet muda pada kulit berminyak, yaitu: 

1. Mengurangi Makanan Manis

Cara pertama mendapatkan kulit awet muda pada kulit berminyak yaitu mengurangi makanan manis. Walaupun rasanya enak dan bikin mood naik, tetapi jika dikonsumsi secara terus menerus akan memperburuk kondisi kulit Anda.

Ganti makanan dan minuman manis dengan konsumsi gula alami dalam bentuk buah-buahan segar. Misalnya, stroberi, blueberi, dan anggur merah. Ketiga buah ini mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengurangi kerutan dan garis halus.

2. Pakai Sunscreen

Cara mendapatkan kulit awet muda selanjutnya adalah rutin memakai sunscreen. Sunscreen dengan SPF 30 mampu menjaga kulit sehat dan merawat kulit dari tanda-tanda penuaan serta warna kulit yang tidak merata. Anda juga wajib banget menggunakan sunscreen di dalam rumah.

Hal ini disebabkan sinar UV dari cahaya matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela. Namun, tidak semua sunscreen memberi efek lembab dan kenyal pada kulit. Oleh karena itu, pakailah sunscreen yang dapat melembabkan serta mengandung antioksidan untuk melindungi kolagen di kulit

Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah Jerawat Pasca Melahirkan. Simak Penjelasannya!

3. Hindari Tidur Larut Malam

Siapa yang sering tidur larut malam? Jika kegiatan yang kamu lakukan dirasa tidak penting, sebaiknya segera untuk tidur. Tidur selama 8 jam sehari tidak hanya sekedar untuk mengistirahatkan pikiran saja, tetapi juga memberikan kulit kesempatan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan kulit yang ditimbulkan dari lingkungan dan kebiasaan buruk sepanjang hari.

Kebiasaan tidur larut malam menyebabkan kulit menjadi kusam dan menimbulkan garis halus serta lingkaran hitam pada wajah.

4. Menjaga Kulit Terhidrasi dengan Baik

Berikutnya, menjaga kulit terhidrasi degan baik juga termasuk cara mendapatkan kulit awet muda. Air membuat tubuh agar tetap terhidrasi dan segar, serta menjaga elastisitas kulit.

Orang yang banyak minum air putih cenderung tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan, dibanding orang yang jarang minum air putih.

Kini, mulai minum air putih 6-8 gelas sehari ya. Selain itu,  Kulit juga memerlukan hidrasi dari luar tubuh, yakni dengan rutin menggunakan pelembab kulit yang sesuai dengan kulit berminyak. 

5. Senam Wajah

Cara mendapatkan kulit awet muda pada kulit berminyak yaitu melakukan senam wajah. Penelitian dari Northwestern Medicine di Chicago mengatakan bahwa senam wajah dapat memperkuat otot kulit dan meminimalisir tanda-tanda penuaan.

Senam wajah berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga kulit menjadi lebih kencang. Oleh sebab itu, lakukanlah senam wajah dengan rutin. Anda bisa melakukannya dengan memijat wajah ketika mengaplikasikan skincare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News