Bugar

5 Cara Mencerahkan Kulit dengan Produk Skincare yang Benar

5 Cara Mencerahkan Kulit dengan Produk Skincare yang Benar

MOMSMONEY.ID - Tidak sulit dilakukan, Anda bisa coba cara mencerahkan kulit dengan skincare routine. Memiliki kulit cerah bagi wanita dapat menampilkan kepercayaan diri. 

Biasanya, penyebab kulit kusam yang sering dialami karena menumpuknya sel kulit mati, stres, dan kulit kekurangan nutrisi. 

Oleh karena itu, Anda harus merawat kulit wajah agar mendapatkan kulit cerah salah satunya dengan produk skincare.

Berikut lima cara mencerahkan kulit dengan produk skincare dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Rutin Membersihkan Wajah

Cara pertama mencerahkan kulit adalah dengan rutin membersihkan wajah dua kali sehari. Hal ini karena salah satu penyebab kulit kusam adalah tersumbatnya pori-pori. Kegiatan ini membantu mencegah tersumbatnya pori-pori akibat kotoran dan minyak.

Ketika mandi maupun mencuci muka, pilihlah sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Gunakan sabun berbahan lembut yang minim bahan kimia tambahan agar kulit tidak menjadi kering.

Baca Juga: Promo Traveloka dengan Diskon Hotel & Holiday Stays Rp 1 Juta Pakai Paylater

2. Memakai Pelembab

Cara mencerahkan kulit denga produk skincare adalah memakai pelembab. Pelembap sangat penting untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

Gunakan pelembap dalam 2 – 3 menit setelah mandi dan mencuci muka agar kandungan di dalamnya bisa langsung memerangkap sisa air yang masuk ke dalam kulit.

Pastikan Anda memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Meskipun Anda memiliki kulit berminyak, Anda tetap harus menggunakan pelembap.

Namun, Anda harus pilih pelembap untuk kulit berminyak yang tidak menyumbat pori. Pilih pelembap yang mengandung silitol yang meningkatkan kelembapan dan kecerahan kulit. 

3. Pilih Skincare dengan Kandungan Vitamin C

Perlu diingat, Anda harus memilih skincare dengan kandungan vitamin C. Vitamin C membantu mencegah penuaan kulit serta menyamarkan bercak hitam dan cokelat pada kulit.

Vitamin ini juga mengurangi produksi melanin berlebih yang mungkin memperparah masalah kulit kusam pada beberapa orang.

Jadi, jangan lupa untuk menambahkan vitamin C ke dalam rutinitas skincare. Pilihlah produk dengan kandungan vitamin C tinggi dan gunakan secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal.

Penggunaan pelembab dan serum wajah yang sesuai secara rutin dapat memberikan hasil yang optimal.

Selain melembabkan, formula pada rangkaian skincare yang mengandung Niacinamide dapat membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi terlihatnya bintik hitam. 

Baca Juga: Sederet Penyebab Gigi Kuning yang Sering Dialami Banyak Orang

4. Pilih Skincare dengan Kandungan Asam Kojic

Selain vitamin C, Anda juga bisa memilih skincare dengan kandungan asam kojic. Banyak orang mencerahkan dan memutihkan kulit dengan cara memanfaatkan asam kojic.

Senyawa ini digunakan sebagai zat pencerah kulit karena mampu menahan fungsi enzim tertentu yang diperlukan dalam pembentukan melanin.

Anda bisa menemukan asam kojic dalam berbagai produk, termasuk masker dan sabun cuci muka. 

5. Rutin Lakukan Eksfoliasi Kulit

Cara mencerahkan kulit dengan skincare routine lainnya adalah rutin melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi adalah hal yang sangat penting dalam mencerahkan kulit.

Dengan melakukan eksfoliasi, Anda mengangkat lapisan sel kulit mati yang membuat kulit tampak kering dan kusam.

Anda dapat melakukan eksfoliasi dengan dua cara, yakni secara mekanik memakai scrub atau secara kimiawi dengan toner mengandung AHA dan BHA.

Lakukan secara rutin satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang lebih putih. 

Sekarang Anda sudah tahu cara mencerahkan kulit wajah dengan skincare routine yang benar. Cobain di rumah, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News