HOME, Bugar

5 Cara Mencegah Tubuh Dehidrasi Saat Berpuasa

 5 Cara Mencegah Tubuh Dehidrasi Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Orang yang berpuasa lebih cenderung berisiko mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan cairan selama berpuasa.

Dehidrasi tidak hanya menyebabkan rasa haus saja, tapi juga dapat menyebabkan komplikasi berat jika tidak ditangani dan dicegah dengan baik. 

Oleh karena itu, kita harus menghindari dehidrasi saat berpuasa dengan cara memperbanyak makan buah hingga batasi asupan garam saat buka dan sahur.

Dehidrasi saat berpuasa ditandai dengan mulut yang terasa kering, pusing, dan rasa lemas. Jika dehidrasi berlanjut, jumlah produksi air seni berkurang dan warnanya menjadi lebih gelap.

Tanda dehidrasi saat puasa ini kadang juga disertai sakit kepala dan rasa mual yang berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Berpuasa

Dilansir dari Healthline, berikut adalah tips mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

1. Usahakan tetap minum air putih sesuai kebutuhan

Tips mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa yang pertama adalah Anda tetap mengusahakan minum air putih sesuai kebutuhan. 

Sebenarnya kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh, usia, jenis kelamin, suhu lingkungan, jenis makanan yang dikonsumsi, dan jenis aktivitasnya.

Namun, memang rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter air perhari yang bisa dibagi menjadi 8 gelas air diminum setelah buka sampai sahur.

2. Menghindari minuman berkafein

Tips mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa yang kedua adalah menghindari minuman berkafein. Minuman mengandung kafein bersifat diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran air kencing.

Saat puasa, efek diuretik ini tidak dapat diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi.

3. Perbanyak minum menjelang sahur

Tips mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa yang ketiga adalah memperbanyak minum menjalang sahur. 

Kalau Anda takut kembung karena kebanyakan minum saat makan sahur, Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan dengan minum sesaat sebelum tidur di malam hari.

Bahkan jika Anda terbangun di malam hari, usahakan juga untuk minum air sebelum Anda kembali tidur. Hal ini agar kebutuhan cairanmu dalam sehari dapat terpenuhi.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

4. Hindari melakukan olahraga berat

Tips mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa yang keempat adalah menghindari melakukan olahraga berat selama berpuasa. 

Anda tetap dianjurkan untuk berolahraga secara rutin selama berpuasa, agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Meski begitu, hindari melakukan olahraga berat untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa. Sebaliknya, pilihlah olahraga yang ringan, seperti jalan kaki, jogging, yoga, atau zumba.

5. Batasi asupan garam

Tips mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa yang terakhir adalah mebatasi asupan garam selama buka sampai menjelang sahur.

Makanan yang tinggi garam bisa meningkatkan rasa haus, jadi jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan tersebut saat sahur untuk mencegah dehidrasi saat puasa.

Itulah beberapa tips mencegah tubuh dehidrasi saat berpuasa yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda lakukan.

Kalau Anda merasa lemas, pusing, linglung, seperti mau pingsan, segera periksakan diri ke dokter, karena itu adalah tanda dehidrasi berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News