Bugar

5 Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Tidak Kambuh Lagi

5 Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Tidak Kambuh Lagi

MOMSMONEY.ID - Untuk mencegah penyakit asam urat tidak kambuh lagi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Penyakit asam urat adalah jenis radang sendi yang terjadi karena kadar uric acid (asam urat) yang tinggi di tubuh.

Pada masyarakat awam, kondisi ini disebut juga encok. Oleh karena itu, kadar asam urat perlu dijaga di kisaran normal sebagai bentuk pencegahan penyakit asam urat.

Dilansir dari Health Focus, inilah beberapa cara mencegah penyakit asam urat tidak kambuh lagi dengan melakukan beberapa cara berikut:

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Efektif untuk Menurunkan Asam Urat

Batasi makanan tinggi purin

Asupan tinggi purin merupakan salah satu penyebab asam urat. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga pola makan dan membatasi makanan tinggi purin untuk mencegah asam urat terjadi.

Beberapa makanan tinggi purin di antaranya jeroan, makanan laut (seafood), daging merah, minuman beralkohol, makanan atau minuman mengandung pemanis, dan jenis makanan lainnya. 

Banyak minum air putih 

Selain air putih, minuman yang disarankan adalah minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral. Anda dapat minum delapan hingga 12 gelas sehari.

Selain itu, wajib mengurangi konsumsi air alkali dan jangan minum air berbaking soda, karena dua jenis minuman ini mengandung banyak garam yang berbahaya bagi pengidap asam urat.

Rajin mengonsumsi ceri, seledri, dan stroberi

Tiga jenis makanan ini mengandung komponen yang efektif memerangi asam urat. Ketiganya mengandung antioksidan lengkap yang bisa melindungi persendian dari peradangan.

Selain itu, biji seledri juga memiliki potensi untuk mengurangi penumpukan asam urat.

Baca Juga: 5 Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol, Anda Bisa Coba

Hindari cedera untuk pencegahan asam urat

Trauma atau cedera pada sendi dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat, terutama bagi yang sudah memiliki asam urat tinggi.

Sebaiknya, menghindari cedera atau trauma sebagai bentuk pencegahan. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengenakan sepatu yang pas dan tepat sesuai ukuran kaki Anda.

Minum susu dan jus jeruk

Susu terbukti mampu menurunkan kadar asam urat. Jika Anda potensial mengidap asam urat, risikonya dapat diturunkan bila minum segelas susu setiap hari.

Satu gelas susu menurunkan asam urat hingga 0,25 mg/dL, demikian pula dengan jus jeruk, walau susu lebih ampuh mencegah asam urat.

Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan cek asam urat guna membantu mengontrol kadar uric acid Anda dan terhindar dari penyakit tersebut.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit asam urat tidak kambuh lagi yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News