5 Cara Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 26 Oktober 2021 | 14:52 WIB
5 Cara Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

ILUSTRASI. 5 Cara Mencegah Osteoporosis di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang secara keseluruhan. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, namun paling sering menimpa wanita lanjut usia.

Sebenarnya osteoporosis memang diidap oleh lansia, sehingga remaja dan orang dewasa tak begitu peduli dengan penyakit ini. Padahal, kebiasan sejak muda, seperti tak aktif bergerak bisa menyebabkan tulang gampang rapuh di usia tua. 

Berita baiknya, osteoporosis bisa dicegah. Salah satu cara yang perlu dilakukan sebagai tindakan pencegahan osteoporosis adalah menerapkan pola hidup sehat.

Dilansir dari Everyday Health dan WebMD, berikut ini adalah pola hidup sehat yang perlu Anda lakukan sejak dini untuk mencegah pengeroposan tulang. 

Baca Juga: Manfaat Melon untuk Perempuan yang Jarang Diketahui

1. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Semakin Anda malas bergerak, risiko untuk mengalami pengeroposan tulang akan semakin tinggi. Oleh karena itu, lakukanlah aktivitas fisik secara rutin dan teratur.

Beberapa aktivitas sehari-hari yang bisa bantu memperkuat otot, misalnya mengangkat barang belanjaan, berolahraga menggunakan elastic band, push up, squat dan lain-lain.

2. Konsumsi makanan tinggi kalsium

Kalsium dibutuhkan untuk memperkuat tulang, sehingga mineral ini sangat dibutuhkan untuk pencegahan osteoporosis.

Anda bisa menemukan kalsium pada produk susu, seperti yoghurt dan keju, kacang-kacangan, sayuran hijau, serta makanan laut, seperti ikan sarden, salmon, dan udang.

Bagi orang-orang yang punya penyakit ginjal, konsultasikan pada dokter terkait porsi kalsium yang dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis.

3. Hindari rokok dan alkohol

Penelitian telah menunjukkan kaitan langsung antara penggunaan tembakau dan pengeroposan tulang, serta dapat memperpanjang waktu penyembuhan setelah patah tulang.

Sementara itu, konsumsi alkohol yang berlebih juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tulang Anda. Ini karena alkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium.

4. Hindari risiko terjatuh

Orang dengan kepadatan tulang yang tidak optimal memiliki risiko yang sangat tinggi untuk mengalami patah tulang apabila terjatuh.

Beberapa upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur, memasang pegangan di kamar mandi, dan memastikan bahwa dalam rumah cukup cahaya.

Selain itu, Anda juga bisa berlatih olahraga yang membantu keseimbangan dan berkonsultasi dengan dokter mengenai pengobatan terbaik untuk mengelola penyakit bawaan yang meningkatkan risiko terjatuh.

Baca Juga: Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Anak Stunting Agar Meminimalisir Resikonya

5. Jangan takut dengan sinar matahari

Sinar matahari juga bisa membantu kita untuk mencegah osteoporosis. Namun, sinar matahari di sini bukannya sinar matahari di siang bolong. Cobalah untuk bersahabat dengan sinar matahari pagi.

Di waktu ini sinar matahari bisa membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami. Usahakan tubuh terkena sinar matahari pagi (sebelum jam 9) selama paling tidak 10 menit sebelum menggunakan tabir surya. 

Terapkan pola hidup sehat sejak dini sebagai upaya untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari. Dengan ini, masa tua Anda akan tetap berkualitas tanpa perlu khawatir mengalami tulang keropos.

Selanjutnya: Jangan Berlebihan! Ini 5 Akibat Buruk Kelebihan Vitamin E

Editor: Helvana Yulian
Terbaru