Keluarga

5 Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan, Tidak Sulit

5 Cara Mencegah Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan, Tidak Sulit

MOMSMONEY.ID - Sederhana, ini 5 cara mencegah dehidrasi saat puasa di bulan ramadan.

Salah satu permasalahan yang mungkin muncul saat berpuasa adalah dehidrasi. Ini karena puasa mengharuskan kita untuk tidak makan dan minum dari fajar sampai matahari terbenam. Akibatnya, kebutuhan cairan tubuh tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Dehidrasi sendiri terbagi atas tiga level: ringan, sedang, dan berat. Beberapa tanda dehidrasi ringan atau sedang meliputi haus, mulut kering atau lengket, jarang buang air kecil, urin berwarna kuning tua, kulit kering dan dingin, sakit kepala, serta kram otot.

Sedangkan tanda-tanda dehidrasi berat meliputi pusing, tidak buang air kecil, urin berwarna kuning, detak jantung cepat, nafas cepat, mata cekung, mengantuk, kurang energi, mudah bingung atau tersinggung, serta pingsan.

Meskipun cukup mengganggu, bukan berarti Anda harus meninggalkan puasa di bulan ramadan hanya supaya tidak mengalami dehidrasi.

Sebagai solusi, terapkanlah 5 cara mencegah dehidrasi saat puasa di bulan ramadan, yang dirangkum dari laman Ciputra Medical Center dan Egypt Independent, berikut:

Baca Juga: 5 Tips Makeup Flawless untuk Buka Puasa Bersama, Cocok untuk Pemilik Pori-Pori Besar

1. Minum air putih dengan cukup

Minum air putih

Cara mencegah dehidrasi saat puasa yang pertama adalah minum air putih dengan cukup, khususnya selama sahur dan setelah berbuka puasa.

Anda bisa mengikuti pola 2-4-2. Artinya, minumlah 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas setelah berbuka puasa, dan 2 gelas pada malam hari.

Dengan cukup minum air putih, itu akan mengembalikan cairan yang hilang secara sehat dan aman.

2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Ilustrasi diet makanan sehat

Cara mencegah dehidrasi saat puasa yang kedua adalah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Selain minum dan makan makanan berkuah, Anda juga dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan pada waktu sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan air.

Di sisi lain, batasilah makanan yang mengandung banyak garam karena bisa meningkatkan cairan yang dikeluarkan dari sel tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Jadi, usahakan untuk tidak makanan tinggi garam pada saat sahur, ya, Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Puasa untuk Anak, Salah Satunya Menurunkan Risiko Diabetes

3. Hindari kafein dan gula

Minuman soda

Cara mencegah dehidrasi saat puasa yang ketiga adalah menghindari kafein dan gula.

Kafein dan gula dapat menyebabkan haus bahkan hanya dalam waktu beberapa jam setelah dikonsumsi.

Ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi terutama saat sahur, ginjal Anda akan menjalankan fungsinya dengan membuang kelebihan gula melalui urin.

Semakin sering Anda buang air kecil, maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Akibatnya, risiko dehidrasi akan ikut meningkat.

4. Pilih pakaian yang tepat

Elzatta Hijab - PT Bersama Zatta Jaya Tbk

Cara mencegah dehidrasi saat puasa yang keempat adalah memilih pakaian yang tepat.

Warna baju, kain celana, dan lapisan pakaian memainkan peran penting dalam menjaga suhu tubuh serendah mungkin. Jadi, pastikan Anda memilih pakaian yang tepat untuk dipakai saat beraktivitas di bulan Ramadan, ya.

Jika Anda bekerja di dalam ruangan, pakailah baju berwarna terang. Lalu, pakailah baju yang lebih gelap jika sebagian besar waktu Anda dihabiskan di luar ruangan. Sebab, warna yang lebih gelap akan membantu melindungi tubuh Anda dari efek sinar matahari.

Tapi, pastikan untuk menghindari pakaian berwarna hitam karena cenderung menarik panas dan menguncinya di dekat tubuh.

Terakhir, usahakan untuk tidak mengenakan kaus dalam karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Apabila Anda terpaksa memakai kaus dalam, selalu ingat untuk memilih kaus katun longgar yang memungkinkan keringat menguap dengan baik.

Baca Juga: 2 Resep Menu Buka Puasa Bikin Garang Asem Ayam & Ceker Khas Jawa Tengah

5. Olahraga teratur

Pigeon pose

Cara mencegah dehidrasi saat puasa yang kelima adalah olahraga secara teratur.

Pada dasarnya, olahraga cenderung menyebabkan kehilangan banyak air saat berkeringat, yang mana kondisi ini dapat memicu dehidrasi.

Kendati demikian, olahraga juga bisa membantu tubuh membuang racun dan elemen berbahaya lainnya yang rentan menyebabkan dehidrasi di kemudian hari.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk tetap berolahraga selama ramadan. Pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga. Direkomendasikan untuk berolahraga 2-3 jam setelah berbuka puasa dan menghadiri kelas kardio.

Demikian 5 cara mencegah dehidrasi saat puasa di bulan ramadan. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News