HOME, Bugar

5 Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami

5 Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Memiliki gigi kuning membuat penampilan anda terganggu dan tidak percaya diri. Anda dapat memutihkan gigi yang kuning menjadi putih dengan bahan alami.

Selain baking soda, cara memutihkan gigi dengan bahan alami juga bisa dengan lemon, jahe, kulit jeruk, daun sirih dan strawberry.

Melansir dari indonesianbeautyheritage.com, lima bahan tersebut mampu memutihkan gigi kuning. Jika Anda tertarik, berikut penjelasannya untuk Anda :

1. Lemon atau Jeruk Nipis

Infused water lemon

Lemon atau jeruk nipis dipercaya mampu menghilangkan bakteri dalam mulut, sehingga gigi akan terlihat bersih. Berikut cara memutihkan gigi dengan bahan lemon atau jeruk, yaitu:

  • Potong dan peras 1 buah lemon atau 2 buah jeruk nipis.
  • Masukkan air perasaan je dalam satu gelas air hangat.
  • Gunakan untuk berkumur, bukan diminum.
  • Lakukan cara ini sebanyak 3x sehari agar bakteri benar-benar hilang.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk

Jangan buru-buru untuk membuang kulit jeruk, moms. Sebab kulit jeruk juga bisa memutihkan gigi anda. Kulit jeruk memiliki kandungan d-limonene yang dapat mengurangi warna kuning pada gigi.

Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk yaitu anda bisa menggosok bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih. Gosokkan pada gigi selama 2-3 menit, kemudian bilas atau kumur-kumur dengan air putih. Lakukan cara ini dengan teratur dua kali sehari untuk hasil yang efektif. 

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Menggunakan Toner yang Benar, Hasilnya Memuaskan

3. Jahe

Jahe

Sama seperti lemon dan jeruk nipis, jahe memiliki kandungan anti-bakteri yang bermanfaat untuk menyamarkan noda kuning pada gigi. Cara memutihkan gigi dengan bahan jahe, yakni:

  • Parut 1 buah jahe.
  • Peras air dari parutan tersebut.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur.

Selain untuk berkumur, anda juga dapat menggunakan parutan tersebut dengan cara dioleskan langusung pada gigi. 

4. Daun Sirih

Daun sirih

Cara memutihkan gigi selanjutnya dengan daun sirih. Dahulu, nenek moyang menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami. Daun sirih memiliki kandungan yang dapat menghilangkan kuman penyebab gigi rusak dan memutihkan gigi secara alami.

Caranya cukup mudah, siapkan 1-2 helai daun sirih yang masih segar dan gosokan pada gigi secara merata. Atau siapkan 1-2 helai daun sirih kemudian rebus. Lalu, gunakan air tersebut untuk berkumur. Rebusan daun sirih juga bisa memutihkan gigi. 

5. Strawberry

Buah Stroberi

Cara memutihkan gigi lainnya dengan buah strawberry. Strawberry dikenal bisa memutihkan gigi secara alami. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolah menjadi jus strawberry.

Buah bewarna merah ini mengandung vitamin C dan asam malat yang berperan aktif untuk mengikis noda pada gigi. Strawberry juga dapat mencegah sariawan, gusi berdarah, dan menghilangkan bakteri dalam mulut. 

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Toner untuk Kulit Berjerawat, Harga Bersahabat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News