HOME, Bugar

5 Cara Memulihkan Stroke Ringan di Usia Muda

5 Cara Memulihkan Stroke Ringan di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Memulihkan stroke merupakan bagian dari perawatan penyakit yang perlu dilakukan oleh penderita stroke.

Latihan yang dilakukan dalam terapi pasca stroke bisa membantu mereka menjalani rutinitas sehari-hari secara mandiri dan membantu menjaga fungsi otak.

Stroke merupakan kondisi serius yang terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah atau aliran darah ke bagian otak terhalang oleh pembekuan darah.

Orang yang pernah terserang stroke sering kali mengalami penurunan fungsi otak, yang bisa berupa gangguan dalam berbicara, mengingat, bergerak, dan lain sebagainya.  

Kerusakan akibat stroke bersifat cepat dan agresif, namun pemulihannya berjalan lambat dan bertahap.

Umumnya, penanganan stroke membantu meningkatkan hasil keseluruhan pasca stroke, tetapi biasanya pengobatan tidak mempercepat laju pemulihan. 

Terapi pasca stroke yang dilakukan pun sudah pasti tidak sama dan harus sesuai anjuran dokter atau terapis.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Ampuh untuk Mencegah Kanker Prostat Sejak Dini

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah lima cara memulihakan stroke ringan di usia muda, antara lain:

1. Perubahan gaya hidup

Cara memulihkan stroke ringan di usia muda yang pertama adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Menurut ahli di National Institutes of Health, pengidap stroke ringan akan didorong untuk melakukan perubahan gaya hidup.

Tujuannya jelas untuk mengurangi risiko berkembangnya gejala stroke. Anda bisa mulai berhenti merokok, rutin berolahraga, dan megonsumsi makanan sehat atau bergizi seimbang. 

2. Menyingkirkan infeksi

Cara memulihkan stroke ringan di usia muda yang kedua adalah menyingkirkan infeksi. 

Menurut ahli di American Stroke Association, beberapa penyebab stroke ringan bisa terlihat lewat pemeriksaan atau peralatan khusus di rumah sakit.

Ketika stroke ringan terjadi pada orang muda tanpa faktor risiko yang jelas, mereka mungkin dikirim ke ahli saraf untuk menelisik kondisinya lebih jauh. 

Ahli saraf nantinya akan menyingkirkan vasculitis (peradangan pada pembuluh darah), diseksi arteri karotis, atau infeksi lainnya. 

3. Konsumsi obat-obatan

Cara memulihkan stroke ringan di usia muda yang ketiga adalah konusmi obat-obatan. Konsumsi atau terapi obat-obatan bertujuan untuk mengurangi risiko stroke ringan.

Obat-obatan yang diberikan seperti obat pengencer darah, misalnya aspirin atau Coumadin, untuk mengurangi pembekuan darah.

Di samping itu, ada pula obat antihipertensi, obat statin, atau obat antikaogulan yang mungkin diberikan oleh dokter. 

Baca Juga: Inilah Sederet Buah yang Ampuh Membantu Menurunkan Hipertensi

4. Terapi gerakan

Cara memulihkan stroke ringan di usia muda yang keempat adalah melakukan terapi gerakan. Terapi gerakan merupakan salah satu bentuk fisioterapi stroke standar yang penting.

Terapi gerakan seperti treadmill, olahraga keseimbangan, dan mengangkat beban, terbukti meningkatkan kemampuan berjalan penderita stroke setelah satu tahun berlatih.

Kualitas hidup semakin meningkat terlepas dari seberapa parah stroke yang diderita. 

5. Operasi

Cara memulihkan stroke ringan di usia muda yang kelima dengan melakukan operasi. Operasi ini biasanya dilakukan pada mereka yang mengalami penyumbatan arteri. Prosedur ini disebut dengan endarterektomi. 

Itulah lima cara memulihkan stroke ringan di usia muda yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News