5 Cara Membuat Masker Wajah Alami Sesuai dengan Jenis Kulit

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 18 September 2021 | 10:45 WIB
5 Cara Membuat Masker Wajah Alami Sesuai dengan Jenis Kulit

MOMSMONEY.ID - Setiap jenis kulit membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Moms, anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan cara membuat masker dari bahan alami. Tentunya masker alami yang dibuat sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah anda.

Jika anda tertarik mencoba, ikuti cara membuat masker alami ini dilansir dari indonesianbeautyheritage.com, yaitu:

1. Kulit Berminyak

Air lemon

Bagi anda pemiliki kulit berminyak, masker dari bahan lemon dan putih telur bisa anda coba. Sebab, kandungan pada putih telur dan lemon berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan menyerap minyak berlebih.

Cara membuat masker ini cukup mudah, siapkan putih telur dan 1 sdm perasan lemon, oleskan pada wajah anda. Diamkan selama 15 menit atau masker sampai kering. Kemudian bilas wajah dengan air bersih. 

2. Kulit Kering

Alpukat

Cara membuat masker untuk kulit kering, gunakan alpukat dan madu. Kombinasi antara alpukat dan madu bermanfaat untuk melembabkan wajah. Caranya yaitu alpukat yang sudah dihancurkan ditambah dengan 1 sdm madu, oleskan pada wajah dan tunggu selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Baca Juga: 7 Tips Makeup untuk Kulit Berjerawat, Supaya Perfect dan Tidak Memperparah Jerawat

3. Kulit Sensitif

Avocado Avocado Yogurt Products made from avocado Food nutrition

Bagi anda pemiliki kulit sensitif, yogurt bisa menjadi masker yang cocok untuk anda. Karena Asam laktat yang terdapat di dalam yogurt membantu menenangkan kulit dan probiotik dapat menyembuhkan kulit sensitif. Caranya sangat mudah yaitu oleskan 1 cangkir yogurt pada wajah selama 15-20 menit.  Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan.

4. Kulit Berjerawat

Tomat

Selanjutnya, cara membuat masker alami untuk kulit berjerawat dengan bahan tomat. Tomat memiliki kandungan astrigen dan antioksidan yang bekerja untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan tomat, yogurt, dan 1 sdm madu.

Cara membuat masker alami ini yaitu campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk rata. Selanjutnya, oleskan masker tersebut pada wajah anda dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas wajah hingga bersih. 

5. Kulit Kusam

Pepaya

Cara membuat masker alami terakhir untuk kulit kusam dengan buah pepaya. Pepaya memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit cerah.

Cara membuat masker alami ini sangat mudah yaitu haluskan pepaya lalu tambahkan 1/4 cangkir madu. Kemudian, oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. 

Selanjutnya: Kenali 4 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi, Berbeda dengan Kulit Kering

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru