Bugar

5 Cara Membuat Masker Rambut dari Bahan Alami, Rambut Indah dan Sehat

5 Cara Membuat Masker Rambut dari Bahan Alami, Rambut Indah dan Sehat

MOMSMONEY.ID - Dapatkan rambut indah dan sehat dengan cara membuat masker rambut dari bahan alami di rumah. Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah didapatkan dan cara membuatnya pun tidak sulit. 

Bahan alami yang digunakan untuk masker rambut sudah dipercaya mampu merawat dan menjaga rambut dengan aman. Karena bahan alami, sehingga cukup aman digunakan secara rutin. 

Jika Anda tertarik ingin mencoba, berikut lima cara membuat masker rambut dari bahan alami dilansir dari cnfstore.com dan herworld.co.id, yaitu: 

Baca Juga: Gunakan Promo Traveloka Tiket Kereta Api dengan Diskon Hemat hingga 20%

1. Alpukat dan minyak zaitun

Masker rambut alami pertama adalah alpukat dan minyak zaitun. Alpukat memiliki mineral yang akan menutup kutikula, serta protein dan vitamin untuk menutrisi dan melembutkan rambut.

Kandungan minyak zaitun akan membuat rambut berkilau dan halus sehingga mampu mengkilapkan rambut yang rusak.

Jika Anda memiliki rambut rusak akibat alat penataan yang panas, bahan kimia keras dari highlighting atau pelurusan, dan radikal bebas di lingkungan. Kandungan dari minyak zaitun dan alpukat bisa jadi solusi.

Cara membuatnya cukup mudah, gunakan setengah buah alpukat dan setengah cangkir minyak zaitun. Hancurkan bersama dalam mangkuk dengan garpu dan oleskan pada bagian ujungnya saja. Kemudian, rambut dibiarkan selama setengah jam. 

2. Masker yoghurt

Selanjutnya, masker rambut alami dengan bahan yogurt. Yogurt dapat membantu mencegah rambut kusut dan mengeriting. Asam laktat dalam yoghurt menghidrasi rambut, yang akan membantu melembabkan kerusakan dan mencegah keriting.

Ketika yoghurt dibilas, itu juga membantu membersihkan sel-sel kulit mati yang dapat menumpuk di folikel rambut. Yoghurt bisa dicampur dengan banyak bahan lain tergantung pada hasil yang diinginkan. 

Dengan minyak kelapa untuk membantu mengatasi rambut rontok. Dicampur dengan madu untuk membantu menjaga kelembapan rambut.

Lalu campuran yoghurt dan alpukat untuk membantu memperkuat rambut dan menambah kilau. Atau dengan lemon untuk membantu menyeimbangkan pH kulit kepala.

Cara membuat masker yoghurt, yaitu campurkan satu cangkir yogurt dengan satu sendok makan minyak zaitun untuk menambahkan lebih banyak kilau dan kehalusan pada untaiannya. Oleskan campuran tersebut ke rambut selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. 

Baca Juga: 5 Bahan Aktif Dalam Produk Skincare Efektif Mengatasi Hiperpigmentasi

3. Lidah buaya, lemon, dan madu

Anda bisa memanfaatkan bahan lidah buaya, lemon dan madu untuk membuat masker rambut alami. Ketiga bahan alami tersebut bisa mengatasi masalah rambut lepek. 

Asam terkandung dalam lemon menjadi penolong dalam menghilangkan minyak maupun kotoran di area kulit kepala, ditambah lidah buaya yang juga mengurangi minyak berlebih tanpa menimbulkan kerusakan pada rambut.

Kemudian, madu yang bermanfaat untuk mengurangi gatal akibat kulit kepala berminyak. Anda bisa membuat masker rambut ini dari rumah. 

Campurkan satu sendok makan sari buah lemon dengan satu sendok makan madu, lidah buaya, dan satu kuning telur. Campurkan dan aplikasikan langsung ke kulit kepala secara merata.

Diamkan selama 20 menit sebelum kamu bilas dengan air hangat. Setelah bersih, lanjutkan dengan mencuci rambut seperti biasa.

4. Pisang dan minyak zaitun

Masker rambut alami berikutnya adalah pisang dan minyak zaitun. Pisang menghidrasi dan melembabkan rambut kusam, rusak dan kering, karena kaya akan vitamin dan mineral (seperti potasium) yang dapat memperkuat rambut dan menyeimbangkan pH kulit kepala.

Minyak zaitun kaya akan lemak sehat dan vitamin E, yang dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau dan halus.

Kemudian, minyak zaitun bisa melembabkan rambut dan menyembuhkan kerusakan yang dapat menyebabkan rambut patah dan bercabang.

Gunakan satu buah pisang matang dan satu sendok makan minyak zaitun. Haluskan pisang hingga mencapai tekstur yang tidak menggumpal.

Tambahkan minyak zaitun dan lanjutkan memblender. Hasilnya berupa masker rambut yang lembut dan berbusa.

Saat mandi, oleskan masker ke seluruh rambut dan kulit kepala dengan jari. Diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

Baca Juga: Simak 4 Cara Mengatasi Kerutan di Bawah Mata pada Remaja

5. Susu dan madu

Masker rambut alami lainnya adalah susu dan madu. Kedua bahan alami ini bisa menjadi solusi untuk masalah rambut Anda. 

Madu mengandung keratin untuk membantu memperkuat rambut dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh rambut yang lemah dan rapuh.

Madu juga mendorong regenerasi sel untuk kulit kepala yang lebih sehat dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan iritasi.

Ketika dikombinasikan dengan susu yang kaya akan protein, asam amino, vitamin B12, zat besi, dan seng, keduanya dapat membantu melembutkan rambut dan mendukung strukturnya.

Hal ini karena susu memiliki konsistensi cair yang tipis, masukkan satu cangkir susu bersama dengan satu sendok makan madu ke dalam botol semprot dan menyemprotkannya ke rambut.

Biarkan selama 10 hingga 20 menit setelah keramas (sebagai pengganti kondisioner). Bilas dengan air hangat untuk hasil yang mengkilap dan halus.

Semakin tebal rambut, semakin tinggi kandungan lemak susu yang harus Anda gunakan. Contohnya jika memiliki rambut kasar, gunakan krim, dan jika memiliki rambut tipis, gunakan susu skim.

Nah, itulah beberapa cara membuat masker rambut alami yang bisa Anda coba di rumah. Tentunya bahan dan cara membuatnya tidak sulit, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News