HOME, Keluarga

5 Cara Membantu Anak Remaja Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak di Malam Hari

5 Cara Membantu Anak Remaja Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak di Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Perubahan tubuh yang cepat pada masa remaja dapat mengganggu tidur anak. Selain karena fase pertumbuhan, masalah tidur pada anak remaja juga dapat terjadi karena stres, kecemasan, kekhawatiran, dan kondisi kesehatan seperti kekurangan zat besi.

Padahal, tidur termasuk hal yang sangat penting terutama bagi anak-anak yang sedang tumbuh, berkembang, dan memasuki usia remaja. Anak remaja yang tidur dengan cukup cenderung memiliki sistem kekebalan yang sehat dan memori yang lebih baik.

Sebaliknya, kurang tidur bisa menyebabkan berbagai masalah seperti sulit berkonsentrasi, depresi, tekanan darah tinggi, obesitas, sakit kepala, dan kontrol impuls yang buruk.

Jika anak remaja Anda kerap begadang atau sulit tidur dengan nyenyak, maka Anda bisa mencoba 5 cara yang dilansir dari healthychildren.org dan Verywell Health ini, untuk membantu mereka tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari.

Baca Juga: 4 Cara Membantu Anak Remaja Mengatasi Kecemasan

1. Dorong anak untuk lebih banyak beraktivitas fisik

Anak-anak dari segala usia termasuk remaja perlu bergerak sepanjang hari dan mendapatkan banyak aktivitas fisik. Dengan mendorong anak remaja Anda untuk rajin berolahraga, itu dapat membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak.

Supaya anak tetap memiliki waktu untuk bersantai, pastikan untuk tidak membiarkan anak berolahraga terlalu malam ya Moms.

Selain berolahraga, Anda juga bisa mendorong anak untuk memperbanyak aktivitas di luar ruangan setiap hari guna mendukung siklus tidur-bangun yang sehat.

2. Tetapkan jadwal tidur yang teratur

Menetapkan dan menjaga jadwal tidur anak supaya tetap teratur merupakan hal yang sangat penting.

Upaya ini bermanfaat untuk membantu anak menjalani rutinitas yang konsisten. Pada gilirannya, rutinitas yang konsisten akan sekaligus meningkatkan kualitas tidur mereka.

Dengan jadwal tidur yang teratur, anak cenderung lebih mudah untuk bangun pagi. Saat anak terbiasa bangun pagi dan mendapatkan sinar matahari pagi dalam waktu satu jam setelah bangun tidur, itu akan memengaruhi jam internal anak remaja Anda. Anak pun akan terbantu untuk tertidur lebih awal dan mempertahankan jadwal tidur mereka.

3. Batasi penggunaan benda elektronik sebelum tidur

Paparan blue light dari ponsel, komputer, tablet, TV, dan bahkan lampu pada malam hari dapat mengelabui otak untuk berpikir bahwa hari masih siang. Seiring waktu, hal tersebut bisa mengganggu tingkat melatonin alami atau hormon tidur anak remaja Anda.

Kendati hanya sedikit, paparan blue light dari perangkat elektronik tetap dapat menghentikan pelepasan melatonin.

Oleh sebab itu, selalu ingatkan anak remaja Anda untuk menyingkirkan gadgetnya setidaknya satu jam sebelum tidur. Jika bisa, minta anak untuk meletakkan gawainya di luar kamar tidur mereka semalaman guna meminimalkan godaan untuk begadang.

Jangan lupa juga untuk memastikan kamar tidur anak tetap tenang, gelap, sejuk, dan nyaman agar anak bisa tidur lebih cepat dengan mudah.

4. Pastikan anak makan tepat waktu dan membatasi kafein

Pastikan anak remaja Anda makan malam beberapa jam sebelum tidur dan tawarkan mereka makanan utuh yang lebih mudah dicerna.

Pasalnya, kepekaan makanan atau zat yang menyebabkan gangguan pencernaan dapat mengganggu tidur anak karena usus berhubungan erat dengan otak.

Penting juga untuk memastikan anak remaja Anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kafein setelah makan siang. Karena, kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama lebih dari 8 jam tergantung pada metabolisme setiap individu.

5. Arahkan anak untuk bersantai sebelum tidur

Menghabiskan sedikit waktu untuk bersantai sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Jadi, arahkan anak remaja Anda untuk mengembangkan ritual tidur yang menenangkan sebelum tidur. Ritual ini termasuk membaca, mendengarkan musik yang lembut, atau mandi air hangat.

Di sisi lain, pekerjaan rumah atau hal yang mengganggu harus disingkirkan menjelang tidur. Tidak hanya menawarkan perubahan nyata yang mampu membantu anak mempersiapkan mental untuk tidur, bersantai sebelum tidur juga bisa membuat mereka lebih mudah untuk tidur di awal malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News