Bugar

5 Cara Memakai Serum Wajah dengan Benar, Jangan Keliru Lagi

5 Cara Memakai Serum Wajah dengan Benar, Jangan Keliru Lagi

MOMSMONEY.ID - Sudah pakai serum tapi hasilnya belum terlihat, mungkin Anda perlu tahu cara memakai serum wajah dengan benar dahulu. Di pasaran, serum wajah memiliki banyak manfaat untuk kondisi kulit Anda.

Mulai dari bisa mencerahkan kulit, memudarkan noda hitam, mengatasi masalah kerutan dan lain-lain. Agar hasilnya maksimal, kenali lebih jauh cara memakai serum wajah di sini. 

Melansir dari olay.co.id, simak perjelasannya di bawah ini, yaitu : 

1. Membersihkan Wajah

Cara pertama memakai serum wajah adalah bersihkan wajah dahulu. Membersihkan kulit wajah dengan baik dan benar bisa berkhasiat mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Debu, kotoran, dan minyak berlebih bisa menghalangi serum terserap sempurna ke dalam kulit.

Sebelum mengaplikasikan serum, bersihkan wajah secara menyeluruh dengan air hangat. Kulit wajah yang lebih lembap dan pori-pori yang terbuka bisa memicu bahan-bahan aktif dalam serum diserap kulit dengan mudah.

Baca Juga: Simak 5 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami, Hasilnya Nyata

2. Menjaga Kulit Wajah Tetap Lembab

Cara memakai serum wajah selanjutnya adalah menjaga kulit wajah tetap lembab. Setelah dibersihkan, gunakan handuk bertekstur lembut untuk membasuh wajah.

Tidak perlu sampai kering, biarkan kulit wajah tetap lembap. Kulit yang lembap dipercaya memiliki daya serap 10 kali lebih baik daripada kulit kering.

Jika kulit wajah Anda sudah terlanjur kering, Anda bisa menggunakan beberapa formula untuk melembapkannya kembali, seperti facial mist, thermal water, atau toner.

Gunakan sedikit saja untuk diaplikasikan pada permukaan wajah agar kulit tetap lembap. Dengan begitu, kandungan serum bisa terserap lebih baik.

3. Gunakan Serum Secukupnya

Saatnya Anda menggunakan serum wajah dengan takaran secukupnya. Banyak orang yang menyangka kalau hasil maksimal bisa didapatkan dengan mengaplikasikan serum dengan volume banyak.

Padahal, tindakan itu tidak membawa manfaat apa pun. Anda malah membuat serum jadi lebih cepat habis dan uang terbuang sia-sia. Kandungan dalam serum sangat terkonsentrasi.

Oleh karena itu, Anda hanya perlu mengaplikasikan serum sedikit saja. Ada juga beberapa pendapat yang menyatakan bahwa pengaplikasian serum dengan jumlah besar malah mempersulit proses penyerapannya.

Cukup gunakan 2-3 tetes saja untuk seluruh wajah. Anda bisa menuangkan pada telapak tangan terlebih dahulu atau meneteskan langsung pada beberapa titik di wajah.

Baca Juga: Promo Traveloka Travel Fair hingga 4 Juni 2023, Diskon Rental Mobil Rp 100.000

4. Pijat Wajah dengan Lembut 

Cara memakai serum wajah berikutnya adalah pijat wajah dengan lembut. Setelah mengaplikasikan serum pada kulit wajah, Anda harus memakai serum secara merata ke seluruh wajah. Gunakan jari tengah dan telunjuk di kedua sisi agar serum bisa tersebar ke seluruh bagian wajah.

Tepuk perlahan-lahan pada beberapa titik, seperti kening, pipi dan dagu. Setelah itu, pijat dengan lembut dengan gerakan memutar ke arah atas. Hal ini perlu dilakukan agar bahan aktif yang terkandung dalam serum bisa diserap kulit dengan baik.

Diamkan selama beberapa menit agar proses penyerapan berlangsung efektif. Sebelum mengaplikasikan produk lain, lebih baik Anda memastikan kulit wajah tidak terlalu lengket.

5. Gunakan Pelembap 

Terakhir, oleskan pelembap pada kulit wajah. Setelah serum digunakan, maka kandungannya juga sudah terserap dengan baik. 

Lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembap pada kulit wajah. Serum dan pelembap adalah dua hal yang berbeda.

Moisturizer atau pelembap dapat membuat kulit tetap lembap dan menjaga kandungan serum di dalam kulit bekerja dengan baik.

Pelembap juga membantu kekenyalan kulit wajah tetap terjaga. Anda bisa mengaplikasikan pelembap setidaknya setelah lima menit formula serum terserap.

Tidak sulit, kan? Sekarang Anda sudah tahu cara memakai serum wajah dengan benar. Saatnya Anda coba lakukan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News