HOME, Keluarga

5 Cara Ini Dapat Membantu Mengatasi Rasa Kesepian pada Anak Remaja. Apa Saja?

5 Cara Ini Dapat Membantu Mengatasi Rasa Kesepian pada Anak Remaja. Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Kesepian bisa melanda siapa pun termasuk anak remaja. Kesepian pada anak remaja dapat disebabkan oleh banyak hal di antaranya kematian orang tercinta, perceraian orang tua, pindah sekolah, kondisi kesehatan jangka panjang, dikucilkan oleh lingkungan, dan kebiasaan dibanding-bandingkan dengan orang lain.

Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa seorang anak remaja sedang merasa kesepian. Berikut beberapa di antaranya:

  • Self-esteem atau harga diri rendah
  • Kehilangan kepercayaan diri
  • Sedih terus-menerus
  • Menarik diri dari orang lain
  • Sering marah atau kesal
  • Kehilangan minat untuk terlibat dalam hobi atau kegiatan sosial
  • Minum minuman keras
  • Merokok

Baca Juga: 5 Cara Alami yang Aman untuk Mengatasi Jerawat Selama Hamil

Jika tanda-tanda tersebut ada pada anak remaja Anda, cobalah untuk mempraktikkan 5 cara yang dilansir dari Psychology Today dan ReachOut ini guna membantu anak mengatasi rasa kesepiannya.

1. Dorong anak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan

Cara pertama untuk membantu anak remaja mengatasi kesepiannya adalah dengan mendorong mereka untuk terlibat dalam berbagai kegiatan.

Dibandingkan membiarkan anak terus berdiam diri di rumah dengan gadgetnya, alangkah baiknya Anda meminta mereka untuk bergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Atau, ajaklah anak untuk melakukan kegiatan sukarela bersama tatkala akhir pekan tiba.

Dengan menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan yang positif, anak remaja Anda tidak hanya akan terbebas dari rasa kesepian tetapi juga memiliki peluang yang besar untuk menggeluti minat sekaligus menjalin pertemanan yang solid.

2. Ajarkan anak untuk berbagi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menjadi sukarelawan bisa membantu mengatasi kesepian yang dirasakan anak remaja. Entah itu memberikan layanan di lingkungan sekitar atau bergabung dengan komunitas sosial, cara ini tetap layak untuk Anda tawarkan kepada anak remaja Anda.

Saat anak terlibat dalam kegiatan kemanusiaan, itu akan membantu mereka untuk mengeluarkan dirinya dari isolasi fisik sekaligus mengembangkan rasa syukur karena terhubung dengan orang lain bisa terasa sangat melegakan.

Yang tidak kalah penting, aktivitas berbagi dapat melepaskan oksitosin di otak yang pada gilirannya akan menimbulkan kelekatan atau attachment.

3. Berikan anak hewan peliharaan

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa hewan peliharaan berkaitan erat dengan kesejahteraan emosional pemiliknya. Hubungan yang tercipta di antara pemilik dengan hewan peliharaannya terbukti mampu melepaskan oksitosin sebagai konsekuensi dari keterikatan.

Oksitosin sendiri merupakan bahan kimia dalam otak yang berperan untuk mendorong perasaan tenang dan saling berhubungan dengan orang lain.

Jika anak remaja Anda terlihat kesepian, cobalah untuk memberikan mereka hewan peliharaan guna memberikan dukungan dan koneksi emosional. Selain bisa membantu mengatasi kesepian, memelihara hewan juga akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak remaja Anda.

4. Batasi penggunaan media sosial anak

Journal of Social and Clinical Psychology melaporkan bahwa mengurangi penggunaan media sosial mengarah pada pengurangan kesepian dan depresi yang signifikan.

Jadi, segera batasi penggunaan media sosial anak remaja Anda jika akhir-akhir ini mereka sering terlihat kesepian dan terlalu banyak melakukan scrolling di dunia maya.

Supaya anak tidak terlalu terpaku pada layar handphone-nya, sering-seringlah mengajak mereka untuk melakukan kegiatan bersama seperti memasak, berkebun, atau sekadar mengobrol empat mata sembari menikmati camilan.

5. Berusaha selalu ada untuk anak

Setiap kali Anda berbicara kepada anak remaja Anda tentang apapun, fokuskanlah perhatian Anda pada mereka dan dengarkan apa yang mereka katakan secara saksama.

Singkirkanlah gangguan apapun termasuk ponsel saat Anda berbicara dengan mereka. Lakukan juga hal yang sama pada anak dengan meminta mereka meletakkan ponselnya saat berbicara kepada Anda.

Melalui percakapan yang berkualitas, kemungkinan besar anak remaja Anda akan lebih mudah mengatasi kesepiannya karena mereka tahu bahwa mereka memiliki seseorang yang akan selalu ada dan mau mendengarkan segala keluh kesah mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News