HOME

5 Cara Efektif Mencegah Varises yang Mengganggu

5 Cara Efektif Mencegah Varises yang Mengganggu

MOMSMONEY.ID - Varises merupakan salah satu penyakit pembuluh darah yang tidak boleh Anda sepelekan begitu saja. penyebab dari varises ini bisa beraneka ragam mulai dari faktor usia sampai gaya hidup, dikutip dari Everyday Health.

Kondisi varises ini tak hanya mengganggu penampilan, namun juga dapat menimbulkan rasa nyeri di area yang terkena. Varises kerap kali dianggap bukan penyakit yang berbahaya, sehingga tidak diobati.

Anggapan tersebut merupakan salah contoh mitos varises. Pasalnya, varises yang cukup parah bisa mengganggu aktivitas dan menyebabkan komplikasi di kemudian hari. 

Perubahan gaya hidup disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk mengobati varises. Mari bahas satu per satu perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada pembuluh darah berikut ini.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu! 5 Manfaat Rebusan Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan

1. Hindari berendam air panas dalam waktu lama

American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa menghindari berendam air panas bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan varises. 

Kebiasaan berendam air panas terlalu lama bisa memperburuk gejala varises yang timbul. Jadi, lebih baik Anda memilih mandi dengan air hangat ketimbang berendam dalam waktu yang lama.

2. Rajin olahraga

Rutin berolahraga dipercaya sebagai salah satu cara alami dalam melancarkan aliran darahsekaligus mengurangi pembengkakan yang terjadi di pembuluh darah vena, sehingga bisa dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan varises.

Namun, tidak semua jenis olahraga bisa Anda lakukan. Lakukan konsultasi ke dokter untuk mengetahui jenis olahraga mana yang aman untuk Anda. 

3. Berdiri atau duduk dalam waktu yang lama

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan varises adalah hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama. 

Cobalah untuk melakukan berjalan-jalan sebentar setelah Anda duduk selama 30 menit, dan lakukan sebaliknya. Anda juga bisa melakukan peregangan sederhana untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.

Baca Juga: Sangat Banyak Manfaat Bayam yang Baik untuk Kesehatan

4. Jaga berat badan ideal

Salah satu faktor risiko varises adalah obesitas. Hal ini dapat terjadi karena kegemukan memberi tekanan pada pembuluh darah, sehingga menyebabkan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena pada bagian kaki.

Dalam banyak kasus, varises yang dialami oleh orang-orang dengan kelebihan berat badan cenderung lebih sulit dihilangkan, karena sudah melebar dan menjadi lebih meradang.

5. Hindari sepatu hak tinggi

Penggunaan sepatu ini menempatkan tekanan besar pada kaki Anda. Oleh karena itu, jika Anda memiliki varises di kaki, jenis sepatu ini harus dihindari.

Dengan menghindari sepatu hak tinggi, itu artinya Anda mencegah varisesmenjadi lebih parah dan ini membantu efektivitas cara mengobati varises lain yang juga Anda lakukan.

Selanjutnya: Bahaya Kelebihan Asam Laktat Bagi Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News