HOME, Bugar

5 Cara Diet Cepat Untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

5 Cara Diet Cepat Untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

MOMSMONEY.ID - Kenaikan berat badan adalah hal yang sering dialami oleh banyak orang setelah lebaran. Pasalnya, berbagai makanan lezat kerap tersaji saat lebaran.   

Namun, memerhatikan porsi makan, memperbanyak buah, dan tetap berolahraga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan setelah lebaran.

Hal-hal lainnya yang juga harus diperhatikan dan diterapkan untuk mencegah berat badan naik setelah hari raya lebaran. 

Baca Juga: Mengenal Gejala dan Risiko Penyakit TBC yang Perlu Anda Ketahui

Diragkum dari Mayo Clinic, inilah beberapa cara diet cepat untuk turunkan berat badan setelah lebaran, antara lain: 

1. Jangan lupa minum air putih

Cara diet cepat untuk turunkan berat badan setelah lebaran yang pertama adalah jangan lupa minum air putih. 

Satu lagi tips tambahan yang dapat mencegah terjadinya kenaikan berat badan drastis setelah hari raya lebaran, yaitu rutin minum air putih.

2. Kunyah makanan perlahan

Cara diet cepat untuk turunkan berat badan setelah lebaran yang kedua adalah kunyah makanan perlahan. Hindari juga menggunakan piring atau mangkuk yang terlalu besar untuk makan.

Selain itu, jangan menahan lapar, karena bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan dan berujung pada kalap atau makan berlebihan. 

3. Aktif bergerak

Cara diet cepat untuk turunkan berat badan setelah lebaran yang ketiga adalah aktif bergerak. Meski sedang hari raya dan makan enak, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak.

Akan lebih baik lagi jika menyempatkan diri untuk berolahraga. Hal ini mencegah penumpukan lemak dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mencegah Hepatitis Misterius Pada Anak

4. Perhatikan porsi makan 

Cara diet cepat untuk turunkan berat badan setelah lebaran yang keempat adalah memperhatikan porsi makan.

Berbagai sajian makanan lezat memang menjadi ciri khas lebaran, tetapi sebaiknya perhatikan jumlah makanan yang Anda konsumsi. 

5. Camilan sehat

Cara diet cepat untuk turunkan berat badan setelah lebaran yang kelima adalah camilan sehat. Pilih camilan yang sehat, misalnya buah-buahan atau kue yang tidak banyak mengandung gula. 

Makanlah saat rasa lapar mulai muncul, atau konsumsi makanan ringan sebagai penahan jika belum masuk waktunya makan berat.

Daripada hanya fokus pada makanan, coba lakukan hal-hal lain sehingga kemungkinan berat badan naik bisa dihindari. 

Terpenting adalah tetap jaga kesehatan diri dan keluarga selama libur Lebaran. Jika muncul gejala penyakit atau ada pertanyaan terkait kesehatan, coba hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News