Keluarga

5 Cara Detoks Kulit untuk Kulit Bersih Bebas Racun

5 Cara Detoks Kulit untuk Kulit Bersih Bebas Racun

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 cara detoks kulit untuk kulit bersih bebas racun yang layak Anda coba.

Selain tubuh, kulit juga tidak boleh luput dari perhatian. Jika diabaikan, kulit akan rentan mengalami berbagai permasalahan akibat penumpukan sel kulit mati, polusi, makeup, minyak, dan bakteri.

Saat Anda malas merawat kulit, pori-pori pun akan mudah tersumbat, kulit menjadi kusam, sensitivitas kulit meningkat, dan gampang berjerawat. Jika kulit sudah terlanjur kusam, berjerawat, atau mengelupas, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk mempertimbangkan detoks kulit.

Detoks kulit bertujuan untuk membuang sebanyak mungkin kotoran, racun, polutan, dan sel kulit mati sehingga kulit akan menjadi bersih, cerah, terhidrasi, tenang, dan kembali ke kondisi optimalnya.

Sama seperti detoks nutrisi, detoks kulit juga memungkinkan kulit untuk melakukan proses reboot. Detoks akan merangsang lingkungan yang lebih sehat bagi kulit, mendorong perkembangan kolagen dan elastin, meningkatkan metabolisme sel, meningkatkan pergantian sel, serta memperbaiki skin barrier.

Baca Juga: Sering Disepelekan! Ini Penyebab Hipertensi yang Harus Diwaspadai

Dilihat dari beragam manfaatnya bagi kulit, yuk coba terapkan 5 cara detoks kulit untuk kulit bersih bebas racun berikut ini, seperti dilansir dari ComfortZoneSkin!

1. Minum banyak air

The Institute of Medicine merekomendasikan asupan air harian sekitar 91 ons jika Anda ingin membuang racun dari sistem tubuh Anda.

Jadi, cobalah untuk minum setidaknya 10 gelas per hari guna mendetoks kulit Anda dari dalam ke luar.

Selain memastikan tubuh mendapatkan banyak air, Anda juga harus menghindari untuk mengonsumsi alkohol dan jus manis saat proses detoks berlangsung.

2. Manfaatkan cuka sari apel

Cuka sari apel atau apple cider vinegar sudah lama dikenal sebagai bahan yang bagus untuk detoksifikasi.

Cuka sari apel diklaim mampu membantu mengembalikan keseimbangan ph ke zona basa yang mana ini berguna untuk membuat sistem pencernaan kembali teratur. Selain itu, cuka sari apel juga dapat menjaga energi dan merangsang detoksifikasi hati secara alami.

Sebaiknya, gantilah secangkir kopi pagi Anda dengan ramuan detoks dari cuka sari apel. Dengan begini, tubuh termasuk kulit Anda pun akan terasa lebih sehat dan bersih pada akhirnya.

3. Makan secara bersih

Apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh akan memengaruhi performa kulit Anda. Jadi, penting bagi Anda untuk menyesuaikan makanan yang Anda konsumsi dengan tujuan detoksifikasi kulit Anda.

Jauhilah produk susu, makanan yang digoreng, dan gula karena makanan-makanan tersebut dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam selama proses detoks. Sebagai gantinya, pilihlah banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya alkali seperti pir, brokoli, kangkung, semangka, dan pisang. Pasalnya, mineral alkali seperti kalsium, magnesium, dan potasium mampu menjaga kulit tetap kuat.

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan jika ingin kulit bersinar dari dalam.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

4. Lakukan uap wajah

Setelah melakukan double cleansing dan memastikan bahwa kulit Anda sudah benar-benar bersih, Anda dapat mengekspos kulit Anda dengan menggunakan uap air panas.

Cara ini tergolong bagus untuk mendorong bahan-bahan skincare yang akan Anda gunakan meresap dengan baik. Selain itu, melakukan uap wajah juga akan membersihkan pori-pori Anda dari kotoran dengan lebih optimal.

Didihkan air dalam panci kemudian pindahkan ke dalam mangkuk. Setelah itu, arahkan wajah Anda di atas mangkuk berisi air panas lalu bentangkan handuk di atas kepala untuk memusatkan uap ke pori-pori. Lakukanlah kegiatan ini selama sekitar 10 menit.

5. Manfaatkan skincare

Hyaluronic acid, vitamin C, retinol, atau tea tree adalah kandungan skincare yang patut Anda aplikasikan segera setelah pori-pori wajah Anda terbuka, bersih, dan siap menyerap bahan aktif.

Dari keempat kandungan skincare tersebut, vitamin C menjadi salah satu bahan yang sangat layak untuk Anda pertimbangkan. Pasalnya, vitamin C adalah agen detoksifikasi yang luar biasa. Kaya antioksidan, vitamin C dapat menangkal radikal bebas atau agresor lingkungan yang dapat menyebabkan garis-garis halus, kerutan, kulit kusam, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Apapun bentuk skincarenya, pastikan Anda tidak lupa untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu guna mengetahui reaksi alergi pada kulit Anda.

Demikian 5 cara detoks kulit untuk kulit bersih bebas racun. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dicoba ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News