HOME, Bugar

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

5 Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

MOMSMONEY.ID - Bintik kehitaman di wajah disebabkan oleh hiperpigmentasi akibat kulit wajah terlalu banyak memproduksi melanin.

Penyebabnya sendiri adalah paparan matahari, jaringan parut, penuaan, dan lain-lain yang tanpa disadari menyebabkan bintik hitam pada wajah. 

Bagi sebagian orang, kemunculan bintik hitam di wajah yang membandel dapat menyebabkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu penampilan.

Maka, tak ada salahnya mengandalkan berbagai cara alami. Ada pun beberapa cara menghilangkan bintik hitam secara alami bisa dilakukan dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Baca Juga: Cara Memutihkan Siku dan Lutut yang Menghitam Secara Alami

Namun, perlu diingat bahwa cara menghilangkan bintik hitam secara alami di bawah ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. 

Dilansir dari Women Health, inilah beberapa cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah yang bisa Anda lakukan, antara lain:  

1. Pepaya

Cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah yang pertama dengan menggunakan pepaya. Menghilangkan bintik hitam dapat dilakukan menggunakan eksfoliasi dari buah pepaya.

Di dalamnya terkandung AHA yang mampu menghilangkan sel kulit mati dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga bintik hitam pun memudar. 

2. Madu

Cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah bisa pula dengan madu. Manfaat madu berasal dari kandungan antioksidan yang baik untuk kulit sehingga mampu mencerahkan kulit, terutama yang terdapat noda bekas jerawat. 

Anda dapat mengoleskan madu langsung ke permukaan kulit tipis-tipis. Kemudian, diamkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Kandungan madu mampu membantu masalah pigmentasi pada kulit.

3. Kunyit

Cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah yang ketiga menggunakan kunyit. Kulit dapat menghambat produksi melanin kulit yang menyebabkan bintik hitam akibat hiperpigmentasi.

Caranya dengan menggunakan masker kunyit yang dicampur dengan madu.

4. Cuka apel

Cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah yang keempat adalah cuka apel. Bintik hitam di wajah bisa disebabkan oleh efek samping penggunaan metode kontrasepsi.

Manfaat cuka apel untuk wajah berasal dari kandungan asam asetat yang menurut sebuah hasil studi yang dimuat dalam NCBI mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan 5 Bahan Alami Ini

5. Minyak almond

Cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah yang kelima adalah minyak almond. Vitamin E dan niasin dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan memperbaiki warna kulit.

Minyak almond mengandung non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan kulit.

Ada berbagai cara menghilangkan bintik hitam bekas jerawat di wajah yang bisa Anda lakukan.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan cara menghilangkan noda hitam di wajah yang membandel, baik secara alami maupun rekomendasi dari dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News