Bugar

5 Cara Ampuh Mengatasi Biduran pada Anak yang Bisa Moms Lakukan

5 Cara Ampuh Mengatasi Biduran pada Anak yang Bisa Moms Lakukan

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa cara ampuh mengatasi biduran pada anak yang bisa Anda lakukan.

Biduran pada anak ditandai dengan munculnya ruam di kulit, mirip seperti gigitan nyamuk yang disertai dengan rasa gatal. 

Kondisi ini sudah pasti sangat membuat tidak nyaman sehingga anak menjadi rewel. Biduran pada anak memang bisa muncul di area kulit tertentu, tetapi bisa juga terjadi di seluruh tubuh.  

Gangguan kulit ini juga mungkin muncul saat anak sakit, seperti ketika pilek atau diare. Gejala biduran pada anak tentu bisa sangat mengganggu.  

Mengatasi biduran pada anak akan membantu mengurangi gejala yang mengganggu kenyamanan anak. Terdapat sederet langkah jitu yang bisa dilakukan saat anak mengalami biduran.  

Dirangkum dari Mayo Clinic dan Health Focus, inilah beberapa cara ampuh mengatasi biduran pada anak yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Kenali Gejala Scabies pada Bayi

1. Hindari paparan sinar matahari

Cara ampuh mengatasi biduran pada anak yang pertama adalah menghindari paparan sinar matahari langsung. Hawa yang panas bisa memperburuk rasa gatal akibat biduran.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, hindarkan anak dari paparan sinar matahari. Pastikan ia tidak duduk di bawah sinar matahari langsung. 

2. Kompres air dingin

Cara ampuh mengatasi biduran pada anak yang kedua adalah mengompres dengan air dingin. 

Pertolongan pertama pada anak biduran selanjutnya adalah kompres air untuk meredakan gejala gatal yang tentunya bila digaruk akan menimbulkan luka. 

Selain itu kenakan pakaian yang longgar dan nyaman juga istirahat di ruangan yang sejuk. dingin atau mandi air dingin.

Baca Juga: Anak Mengalami Anemia? Ini 5 Makanan Penambah Darah saat Anemia  

3. Cegah anak menggaruk

Cara ampuh mengatasi biduran pada anak yang selanjutnya adalah jangan bairkan anak menggaruk biduran agar tidak terinfeksi dan luka. 

Terjadinya biduran bisa menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Usahakan supaya anak Anda tidak menggaruk area biduran meski ia merasa gatal.

Menggaruk hanya akan membuat kondisi ini memburuk, jika terlalu keras menggaruk bisa menyebabkan luka dan infeksi pada kulit.

4.  Hindari pemicu biduran

Cara ampuh mengatasi biduran pada anak yang lainnya adalah menghindari pemicu biduran pada anak. Menghindari pemicu merupakan pertolongan pertama pada anak yang biduran. 

Pertolongan pertama pada anak biduran yang pertama adalah menghindari pemicu. Jika mengetahui pemicu biduran pada anak, maka ada baiknya menghindari. 

Baca Juga: Jangan Panik! Kenali Gejala Pneumonia Pada Anak dan Cara Mencegahnya

5. Oleskan losion khusus

Cara ampuh mengatasi biduran pada anak yang terakhir adalah mengoleskan losion khusus untuk biduran yang bisa didapatkan dari resep dokter. 

Pertolongan pertama pada anak biduran juga bisa dilakukan dengan menggunakan losion khusus. Cara menghilangkan biduran pada anak ini juga cenderung mudah.  

Anda hanya perlu mengoleskan losion calamine pada area biduran dan biarkan hingga kering. Losion tersebut dapat membantu meredakan gatal akibat biduran. 

Jika biduran pada anak cukup parah apalagi disertai dengan kondisi lain seperti sesak napas, segera bawa anak ke dokter anak. 

Dokter dapat memberikan penanganan yang cepat dan tepat, sehingga mencegah komplikasi lebih lanjut. 

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi biduran pada anak yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News