Bugar

5 Cara Aman Mengatasi Mata Bengkak

5 Cara Aman Mengatasi Mata Bengkak

MOMSMONEY.ID - Mata bengkak bisa disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari hal sederhana seperti terlalu lama menangis hingga masalah seperti iritasi, infeksi, dan reaksi alergi.

Agar tidak salah mengartikan, cara mengatasi mata bengkak memang perlu disesuaikan dengan penyebabnya agar bisa mengatasinya dengan tepat.

Kondisi mata bengkak memang terkadang dapat mengganggu aktivitas Anda. Bengkak bisa muncul di bagian sebelah mata atau keduanya.

Selain itu, di antara banyaknya cara mengatasi kelopak mata bengkak, berikut adalah beberapa yang paling umum dan aman dilakukan. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Ini Dia Risiko Vertigo, Bisa Hilang Pendengaran hingga Terjatuh

Seperti yang dilansir dari Women's Health, inilah beberapa cara aman mengatasi mata bengkak yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain: 

Kompres dengan air hangat

Cara aman mengatasi mata bengkak yang pertama menggunakan kompres dengan air hangat. Kompres hangat dapat meredakan bengkak akibat sejumlah kondisi. 

Kondisi tersebut berupa penyumbatan kelenjar minyak dan saluran air mata, bintitan, radang kelopak mata (blefaritis), serta radang selaput mata akibat infeksi bakteri atau virus (konjungtivitis).

Suhu hangat dari kompres akan melancarkan aliran darah serta mengurangi sumbatan di area sekitar kelopak mata. Untuk memperoleh manfaat ini, rendam kain bersih dalam air hangat.

Menghindari pemicu alergi

Cara aman mengatasi mata bengkak yang kedua adalah menghindari pemicu alergi. Alergi pada mata umumnya tidak berbahaya, tapi gejalanya sangat mengganggu.

Mata bengkak bisa disebabkan oleh kontak dengan kotoran, debu, produk perawatan kulit, kosmetik, ataupun beragam pemicu alergi lainnya. 

Cara terbaik untuk mencegah alergi adalah dengan menghindari pemicunya. Bila gejala sangat mengganggu, Anda pun bisa meminum obat alergi berupa antihistamin.

Kompres dengan air dingin

Selain mengomperes dengan air hanagat, kompres dengan air dingin juga bisa menjadi salah satu pilihan yang aman. 

Kelopak mata juga bisa membengkak akibat terlalu banyak menangis dan kurang tidur. Hal ini terjadi karena darah dan cairan menumpuk pada kelopak mata. 

Kompres dingin adalah cara efektif untuk mengatasi kelopak mata bengkak akibat kondisi ini.

Namun, manfaatnya tak berhenti sampai di situ. Kompres dingin juga mengurangi gatal sehingga bisa digunakan untuk mengatasi bengkak akibat reaksi alergi. 

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Gejala DBD yang Harus Diketahui

Menggunakan antibiotik

Cara aman mengatasi mata bengkak yang terakhir menggunakan antibiotik. Jika bengkak tidak juga mereda, kelopak mata Anda mungkin terserang infeksi. 

Infeksi pada mata bengkak dapat muncul dalam beragam rupa, mulai dari selulitis, konjungtivitis, bintitan, blefaritis, atau akibat penyumbatan saluran air mata yang bertambah parah.

Berdasarkan penyebab dan keparahannya, antibiotik bisa diberikan dalam bentuk salep, tetes mata, krim, obat minum, atau melalui infus pada kasus selulitis yang parah.

Namun, jika mata bengkak tidak berkurang, mengganggu penglihatan, atau bertambah parah, segera periksakan diri Anda ke dokter. 

Pembengkakan mungkin menandakan masalah kesehatan yang lebih serius dan perlu ditangani dengan segera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News