HOME, Bugar

5 Cara Alami yang Ampuh Menghilangkan Karang Gigi

5 Cara Alami yang Ampuh Menghilangkan Karang Gigi

MOMSMONEY.ID - Karang gigi adalah tumpukan keras berwarna kuning kecokelatan yang melekat pada gigi dan biasanya ada pada sela-sela gigi.

Membersihkan karang gigi tidak semudah membersihkan plak. Bahkan, tidak jarang Anda harus ke dokter gigi untuk mengatasinya.  

Plak yang disebabkan oleh penumpukan sisa makanan dan minuman kemudian berkembang dan membentuk karang gigi. 

Bakteri yang menumpuk ini kemudian berkembangbiak dan menghasilkan zat asam. Zat asam inilah yang kemudian dapat merusak enamel gigi, dan memicu sejumlah kerusakan gigi.  

Baca Juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Saat Berpuasa

Dilansir dari Health Focus, berikut ini beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah, antara lain: 

1. Lidah buaya

Lidah buaya juga efektif untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Dengan mencampurkan 1 sendok teh gel lidah buaya, 4 sendok teh gliserin, minyak lemon, serta air secukupnya. 

Gunakan campuran tersebut sebagai scrub gigi malam hari sebelum tidur. Lakukan cara ini setiap hari sampai plak dan karang gigi meluruh semuanya. 

2. Menggunakan baking soda

Menggunakan baking soda menjadi cara menghilangkan karang gigi selanjutnya. Caranya dengan menggosok gigi menggunakan baking soda. 

Baking soda dinilai mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi. Kandungan di dalamnya dinilai mampu melindungi gigi, dan mencegah gigi kehilangan kalsium. 

3. Menyikat gigi dengan teknik yang benar

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah menyikat gigi dengan teknik yang benar. Pastikan tidak menyikat terlalu keras, agar tidak merusak enamel gigi. 

Meski menyikat gigi sudah dilakukan selama 2 menit, hal tersebut akan sia-sia jika dilakukan dengan teknik yang salah. 

Sebaiknya menyikat gigi dengan gerakan memutar atas dan bawah. Gerakan dapat dimulai dari gigi paling belakang atau geraham di sisi kanan atau kiri. 

Baca Juga: Inilah Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

4. Banyak minum air putih

Cara menghilangkan karang gigi yang keempat adalah banyak minum air putih. Mengonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan produksi air liur. 

Nah, air liur dalam mulut berfungsi untuk melembapkan dan meluruhkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. 

Air minum juga mengandung enzim yang dapat membantu mencegah bakteri penyebab infeksi mulut berkembang. 

5. Kulit jeruk

Cara menghilangkan karang gigi yang terakhir adalah menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk dianggap efektif untuk membersihkan karang gigi. 

Ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara pertama cukup dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk pada permukaan gigi dan gusi. 

Mungkin cara ini agak sedikit sulit bagi sebagian orang untuk menjangkau area-area sempit pada mulut. 

Cara kedua adalah dengan membuat kulit jeruk menjadi pasta. Lumat bagian dalam kulit jeruk hingga berbentuk pasta dan campurkan dengan sedikit air. 

Oleskan pasta pada sikat gigi dan gunakan layaknya menyikat gigi biasa. Itulah cara membersihkan karang gigi dengan garam dan bahan rumahan lainnya. 

Jika cara di atas tidak efektif, sebaiknya Anda ke dokter gigi untuk melakukan scaling atau pembersihan karang gigi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News