CLOSE [X]
ads

5 Cara Alami yang Aman untuk Mengatasi Jerawat Selama Hamil

Reporter: Ana Risma
Kamis, 23 Juni 2022 | 19:35 WIB
5 Cara Alami yang Aman untuk Mengatasi Jerawat Selama Hamil


MOMSMONEY.ID - Jerawat bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin atau pun usia. Pada ibu hamil, jerawat sering muncul selama trimester pertama dan kedua.

Munculnya jerawat selama masa kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon androgen. Adapaun peningkatan hormon tersebut akan menghasilkan lebih banyak sebum atau zat berminyak pada kulit dan bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, bakteri, peradangan, dan jerawat.

Menurut March of Dimes, wanita yang sering berjerawat selama periode menstruasi memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami jerawat kehamilan. Meskipun begitu, jerawat selama hamil biasanya bersifat sementara dan akan menghilang begitu hormon kembali normal.

Baca Juga: Ini 4 Bahan Skincare yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Sedang mengalami jerawat kehamilan? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa mencoba 5 cara alami yang dilansir dari Healthline dan Firstcry Parenting ini untuk membantu mengatasi jerawat selama hamil dengan aman.

1. Pakai madu

Masker Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Selain itu, madu juga mampu memberikan efek yang menenangkan bagi kulit. Itulah sebabnya madu bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi jerawat selama kehamilan.

Pertama-tama, bilas wajah Anda hingga bersih menggunakan air hangat lalu keringkan. Setelah itu, oleskan madu murni secara langsung ke area wajah yang berjerawat.

Biarkan madu menempel pada kulit Anda selama 20-30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

2. Oleskan minyak kelapa

Minyak Kelapa

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mengatasi jerawat selama hamil yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa.

Tak hanya bisa menenangkan kulit, minyak kelapa juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Oleskanlah minyak kelapa murni sebelum tidur. Supaya pori-pori tidak tersumbat, pastikan untuk mengoleskan minyak kelapa hanya pada area yang berjerawat ya Moms.

3. Buat pasta baking soda

Baking soda atau soda kue

Baking soda mampu mengeringkan minyak pada kulit sekaligus meningkatkan penyembuhan jerawat. Di sisi lain, baking soda bisa mengiritasi kulit dan menghilangkan minyak pelindung yang penting bagi kulit. Sehingga, para profesional kesehatan hanya merekomendasikan baking soda untuk digunakan sebagai spot treatment jerawat saja.

Jika Anda berminat untuk menggunakan baking soda sebagai spot treatment, Anda bisa mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air.

Setelah pasta baking soda siap, oleskan langsung ke jerawat dan bukan ke seluruh wajah. Diamkan pasta baking soda hingga mengering sebelum dibilas.

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER