HOME, Bugar

5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Tahu

5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Kolesterol tinggi terjadi saat kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal (> 200 mg/dL). Jika terus dibiarkan, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan stroke, dilansir dari Healthline.

Untuk itu, Anda perlu tahu cara menurunkan kolesterol yang tepat, agar dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang dapat meningkatkan penyakit jantung dan serangan jantung. Obat-obatan tertentu bahkan juga bisa meningkatkan kolesterol seseorang, dikutip dari Mayo Clinic.

Kolesterol tinggi perlu ditangani dan dikelola dengan cara yang tepat. 

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Shirataki untuk Kesehatan

Selain mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter, dirangkum dari CDC dan Health Direct, ada beberapa cara alami menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba, di antaranya sebagai berikut. 

1. Kontrol berat badan

Cara menurunkan kolesterol berikutnya adalah menjaga berat badan ideal. Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Maka dari itu, Anda disarankan menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan, demi menurunkan kolesterol.

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Anda disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya.

Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL), 

3. Pilih makanan rendah lemak

Jika Anda memiliki masalah kolesterol tinggi, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah. Hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan.

Anda bisa mengonsumsi ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, susu rendah lemak, putih telur, kacang-kacangan, polong-polongan, tempe, dan tahu. 

Baca Juga: Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengolahnya

4. Berhenti merokok

Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu, berhentilah merokok. Jika ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku.

5. Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Pilihan makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 cukup beragam, di antaranya adalah ikan salmon, makerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Itulah beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi yang bisa Anda lakukan, tentunya sambil menjalani pengobatan dari dokter. Dan jangan lupa, periksalah kadar kolesterol secara rutin sesuai anjuran dokter.

Selanjutnya: Jenis Teh Berikut Ini Membantu Anda Turunkan Kolesterol dan Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News