Bugar

5 Cara Alami dan Efektif untuk Mengatasi Gangguan Tidur

5 Cara Alami dan Efektif untuk Mengatasi Gangguan Tidur

MOMSMONEY.ID - Gangguan tidur adalah masalah yang perlu ditangani agar aktivitas harian tidak terganggu. Beberapa cara mengatasi gangguan tidur bisa dilakukan secara alami.

Meski kerap dianggap sepele, gangguan tidur bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak bertenaga, mudah lelah, dan sulit konsentrasi.

Bahkan, dalam jangka panjang, kondisi ini bisa memicu munculnya beragam masalah kesehatan, mulai dari penurunan daya ingat dan gairah seks hingga gangguan fisik dan mental.

Baca Juga: Bukan Hanya Insomnia, Ini Gangguan Tidur Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Dilansir dari Sleep Education, ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasu gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur, antara lain:

Batasi waktu tidur siang

Sebagian orang mungkin merasa bahwa tidur di siang hari bisa menyegarkan tubuh mereka saat lelah beraktivitas. Namun, di sisi lain, tidur siang juga bisa membuat seseorang menjadi lebih gangguan tidur di malam hari.

Hindari stres

Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa mengganggu pola tidur sehat.

Untuk meredakan stres, Anda bisa mencoba beberapa cara, seperti rutin melakukan yoga, meditasi, atau relaksasi sebelum tidur.

Hindari konsumsi minuman beralkohol dan berkafein

Cara selanjutnya untuk mengatasi gangguan tidur adalah dengan menghindari minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda atau minuman berenergi, terutama pada sore dan malam hari menjelang tidur.

Baca Juga: Ini 3 Jenis Gangguan Tidur yang Wajib Anda Ketahui

Hindari merokok sebelum tidur

Tak hanya menghindari minuman beralkohol dan berkafein, Anda juga disarankan untuk menghindari rokok. Kandungan nikotin di dalam rokok bisa membuat Anda gangguan tidur dan terjaga sepanjang malam.

Rutin berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat saat dilakukan. Salah satunya bisa menjadi cara mengatasi gangguan tidur tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan.

Setelah berolahraga, tubuh akan merasa lelah yang memudahkan seseorang untuk tidur lebih cepat dan tentu saja kualitasnya juga meningkat.  

Namun, jika berbagai cara mengatasi gangguan tidur di atas tidak juga berhasil mengatasi masalah gangguan tidur yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News